Peran Besar Perempuan, Pemuda dan Politik di Gerakan Peduli Lingkungan

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– DPW PKS DIY melaunching Gerakan Indonesiaku Hijau, Sehat, dan Nyaman, Minggu (6/6). Gerakan ini diinisiatif tiga bidang, Ekonomi, Keuangan, Teknologi, Industri dan Lingkungan Hidup (EKUINTEK LH), Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), dan Kepemudaan. Gerakan Indonesiaku Hijau, Sehat dan Nyaman dikuncurkan dengan simbolisasi menetralkan minyak jelantah dengan bara arang oleh Ketua DPW PKS DIY HM Agus Mas’udi ST dimana proses tersebut bisa menghasilkan bio solar ataupun sabun.
Agus menyampaikan bahwa PKS terpanggil untuk melestarikan lingkungan karena melihat kerusakan lingkungan yang semakin besar dan diingatkan bahwa manusia dilarang berbuat kerusakan di muka bumi seperti di Alquran Surat Al-Qashash Ayat 77.  “Baik kader maupun simpatisan, terkhusus para pengurus DPW di Bidang EKUINTEK LH untuk memiliki kreasi melestarikan lingkungan hidup seperti misalnya pendaur ulangan sampah,” ucap Agus Mas’udi.
Di acara ini juga dilakukan seremoni pelantikan Duta Lingkungan Hidup, yakni Andri Perdana ST MEng dan Anita Agustina mewakili orang-orang yang berperan aktif dan menghasilkan karya dalam isu lingkungan hidup. “40 persen kerusakan lingkungan di dunia adalah dari sampah. Harus ada tindakan nyata untuk mengendalikannya karena jika tidak mampu dikendalikan akan menjadi ancaman yang serius,” sambung Ekantini Puji Basuki SP selaku Ketua Bidang EKUINTEK LH.
Dwi Nur Aini SIP sebagai Ketua Bidang BPKK meyampaikan, peran perempuan tidak bisa lepas, bahkan sangat besar perannya dalam kepedulian terhadap lingkungan. Ditunjukan dengan banyaknya komunitas ibu-ibu yang fokus terhadap pelestarian lingkungan. Dalam hal berbelanja juga para perempuan dan ibu-ibu bisa memilah-milah agar bisa mengurangi sampah.

BERITA REKOMENDASI