Peran Edukator Museum Mengkomunikasikan Benda Koleksi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Peran edukator museum sangat penting untuk dapat mengkomunikasikan koleksi kepada pengunjung atau masyarakat luas. Karena itulah pengetahuan mereka harus selalu ditingkatkan agar selaras dengan kebutuhan dan perkembangan.

“Kami sangat konsen untuk terus meningkatkan kapasitas SDM edukator museum. Selain itu harus ada penyegaran bagi mereka dengan beban tugas yang dijalani selama ini,” jelas Kasi Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY, Wismarini.

Dikatakan Wismarini, materi yang diberikan pada pelatihan ini justru merupakan permintaan dari edukator. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan mereka yang lebih paham dalam praktik di lapangan. “Sebab selain tugas mengkomunikasikan koleksi kepada pengunjung, mereka juga menjadi tenaga teknis yang membantu menjalankan program museum,” sebut Wismarini.

Edukator museum ini, lanjutnya, juga menjadi bagian humas museum. Karena itulah edukator memiliki tanggung jawab melakukan branding museum sesuai kondisi yang ada.

“Karena sudah globalisasi, pemanfaatan teknologi informasi menjadi sangat penting untuk promosi dan publikasi. Semua itu harus tertata dan tepat sasaran yang semuanya dapat diperoleh melalui pelatihan ini,” sambungnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI