Peran Orangtua Dampingi Anak ‘Jaman Now’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kesabaran menjadi kata kunci sebagai orangtua dalam mendidik anak-anak di tengah perkembangan jaman dewasa ini. Laju globalisasi yang saat ini terus bergulir atau akrab dikenal dengan 'jaman now' menuntut orangtua untuk mengikuti arus perkembangan.

"Orangtua harus sabar dan cerdas untuk mendampingi putra-putrinya di jaman now ini," tutur Ustadzah Early Utami SPsi MA dalam acara Milad ke-16 SDIT Al Khairaat di Kampus Pendidikan Al Khairaat Warungboto Umbulharjo Yogyakarta, Sabtu (10/02/2018).

Menurut Early, dalam paparannya 'Menjadi Orangtua Hebat di Jaman Now', orangtua harus menjadi pendengar dan teman yang baik bagi anak-anaknya. Meluangkan waktu hanya sekedar untuk menemani ngobrol atau berbincang. Sebab dengan kedekatan ini dapat meminimalisir dampak negatif dari arus perubahan yang makin deras.

"Anak butuh pendampingan dari orangtuanya. Sehingga semestinya orangtua menyediakan waktu untuk itu," sebutnya.

Terpisah Kepala SDIT Al Khairaat, Rojikin menjelaskan, dalam milad ini juga digelar berbagai acara pendukung yang menarik dan melibatkan siswa, orangtua/wali serta masyarakat. Seperti halnya Lomba Mewarnai untuk anak TK yang diikuti lebih dari 600 peserta.

"Termasuk ada juga beragam perlombaan untuk siswa serta pemeriksaan kesehatan bagi orangtua/wali yang mendampingi putra-putrinya mengikuti rangkaian milad ini," ungkap Rojikin. (Feb)

BERITA REKOMENDASI