Peran Provost dalam Mengawal TMMD Reguler

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Provost selaku penegak disiplin prajurit memegang peranan penting, karena baik buruknya satuan ditentukan oleh kualitas dan disiplin dari prajuritnya. Kepribadian seorang Provost harus dapat diwujudkan sebagai figur tentara yang layak disebut prajurit Sapta Marga.

Pasi Intel Kodim 0734 Yogyakarta, Kapten (Inf) Dakri Oskandar mengatakan pengamanan yang dilakukan Provost selama TMMD Reguler ke-101 yang dipusatkan Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo sangat baik. Dengan adanya Provost seluruh prajurit termotivasi untuk lebih disiplin.

"Jika ada oknum prajurit TNI yang melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dapat ditangani oleh Provost untuk memberikan peringatan. Untuk saksi bagi oknum yang melanggar nantinya akan diserahkan ke satuan masing-masing," jelas Dakri Oskandar di Poskotis TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta, Rabu (02/05/2018).

Tak hanya melakukan pengawasan terhadap prajurit saja. Provost juga berperan penting dalam melakukan pengamanan suatu kegiatan, apalagi jika dihadiri oleh tokoh-tokoh penting. Keamanan dan kelancaran tamu penting jadi prioritas utama bagi seorang Provost.

“Pengamanan yang dilaksanakan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku terhadap penegakan hukum. Untuk itu dalam tugasnya baik di kesatuan maupun dilokasi TMMD harus selalu berkoordinasi dengan petugas dan koordinator Acara, sehingga dapat berjalan sesuai dengan rencana,” tambahnya.

Danru Provost Kodim 0734 Yogyakareta Pelda Kristanto menegaskan regunya selama ini telah melaksanakan tugas sesuai arahan dari pimpinan. Sejauh ini tak ditemukan adanya prajurit yang melakukan pelanggaran saat berada di lokasi TMMD Reguler ke-101. (Van)

BERITA REKOMENDASI