Perempuan Jadi Garda Depan Cegah Covid

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Kaukus Perempuan Parlemen DIY, Rany Widayati meminta perempuan untuk aktif bergerak dalam menanggulangi serta mencegah penularan Covid-19. Hal tersebut karena perempuan dinilai sebagai garda terdepan pencegahan penyebaran virus di tengah masyarakat.

Melalui pernyataan tertulis, Sabtu (13/6/2020) Rany mengungkap bawasanya perempuan apapun profesinya memiliki peran sangat penting di masa pandemi ini. Perawat dan dokter yang menangani pasien bahkan ibu rumah tangga memiliki peran besar dalam memerangi virus tersebut.

“Data dari gugus tugas Covid, 71 persen perawat yang bertugas adalah perempuan. Kemudian kita melihat perempuan menjadi seorang ibu maka ia memegang peranan penting dalam menyetop penyebaran pandemi Covid-19 terutama keluarga saat berada di rumah. Seorang ibu harus memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarganya tetap berada di rumah dan harus mampu membuat suasana rumah menjadi nyaman. Peran perempuan sangat besar,” ungkap Rany.

Di rumah, peran perempuan lagi-lagi begitu besar karena harus memastikan keluarga tetap berpikir positif meski pekerjaan semakin bertambah. “Menjadi pengajar dadakan bagi anak-anak, belum harus ikut memutar otak ketika suami dirumahkan misalnya. Peran perempuan tidak bisa dianggap sebelah mata, karena ternyata begitu besar,” ungkapnya lagi.

Di sisi lain, Rany masih melihat adanya pendiskreditan pada perempuan mulai stigma patriarki yang tidak menutup kemungkinan berdampak pada mereka. “Beban-beban itu saat situasi pandemi ini bisa memicu kekerasan pada perempuan. Karena itu kami berharap pemerintah benar-benar tepat dalam membuat kebijakan terutama keberpihakan pada kaum perempuan terutama menyentuh hak dan kebutuhan,” sambung wakil rakyat DPRD DIY ini. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI