Pergerakan Wisatawan Domestik Mulai Tampak di DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pergerakan wisatawan domestik atau wisatawan nusantara (wisnus) mulai tampak di DIY pada libur akhir pekan kedua Maret 2021. Adanya peningkatan mobilitas wisnus tersebut menunjukkan indikasi masyarakat sudah mulai percaya diri untuk berwisata seiring gencarnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan telah beradaptasi melakukan protokol kesehatan dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan pihaknya melakukan pemantauan pergerakan wisatawan dari aplikasi Visiting Jogja. Dari Visiting Jogja tersebut tercatat jumlah wisatawan yang masuk paling besar sebanyak 31.164 orang pada Minggu (14/3) lalu. Sejumlah destinasi wisata maupun perhotelan di DIY pun telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik hingga saat ini.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke DIY paling tinggi mencapai 31 ribu orang sepanjang 2021 ini berdasarkan data Visiting Jogja. Kami pantau dari parkiran di hotel-hotel dan destinasi cukup bagus, termasuk protokol kesehatannya,” katanya di Yogyakarta, Selasa (16/03/2021).

Singgih menuturkan mayoritas wisatawan yang berkunjung ke DIY merupakan wisatawan domestik yang berasal dari Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Melihat peningkatan pergerakan wisnus tersebut, berarti masyarakat sudah mulai percaya diri untuk berwisata.

“Hal ini dimungkinkan pengaruh dari program vaksinasi Covid-19 dan sudah mulai terbiasa melakukan protokol kesehatan,termasuk dari sisi destinasinya sendiri yang sudah bagus. Sehingga dua-duanya penting, wisatawan dan destinasi,” tandasnya.

Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengaku ada sedikit sisi positif terhadap industri pariwisata di DIY selama libur akhir pekan lalu. Khususnya pergerakan industri pariwisata di DIY selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di DIY.

“Saya pikir ada penyesuaian di lapangan terutama sejak diterapkan PPKM mikro, mereka mulai beradaptasi. Sehingga ada pergerakan wisatawan yang masuk ke DIY, jika dilihat dari Visiting Jogja ada pergerakan positif selama long weekend kemarin,” jelasnya.

Bobby menyampaikan namun wisatawan yang bergerak tersebut masih dalam kondisi mandiri sehingga belum menggunakan jasa industri pariwisata seperti travel agent, pemandu wisata maupun paket-paket wisata. Selain itu, wisatawan domestik yang datang masih terkondisikan kecil-kecil atau tidak begitu banyak. (Ira)

BERITA REKOMENDASI