Hotel di DIY Genjot Promo

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jelang New Normal, kunjungan tamu hotel di DIY belum menunjukan penambahan yang berarti dan masih ada pada kisaran 2-5% dari kondisi selama pandemi Covid-19. Untuk menggaet para tamu, hotel-hotel di DIY kini tengah gencar menawarkan promo.

“Beberapa tamu dari Jakarta dan beberapa daerah seperti Jawa Timur sudah mulai masuk Yogya. Semoga PSBB Jakarta dan wilayah lain segera berakhir,” jelas Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Herryadi Baiin.

Herryadi yang juga GM The Rich Jogja Hotel dan Wakil Ketua Bidang Perhotelan PHRI DPD DIY menyebutkan dalam kondisi seperti ini perang harga tidak dapat dihindari. “Hotel-hotel yang saat ini beroperasi memberikan penawaranpenawaran yang sangat murah. Hotel-hotel saat ini sudah mulai menerapkan protokol new normal untuk pelayanan pada tamu,” tegasnya.

Senada Ketua DPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono menyebutkan saat ini hotel bintang, non bintang serta resto yang buka dengan penerapan protokol kesehatan masih belum ke profit cash flow. “Kita buka dengan jumlah kamar terbatas dan SDM terbatas bergantian,” ujarnya.

Dalam kondisi saat ini, lanjut Deddy, strategi hotel dengan bertahan hanya sedikit menyerang dengan penawaran berbagai paket stay harga promo. “Jika pintu wisata DIY sudah dibuka lagi, baru kita menggenjot promo dengan menambah branding,” ujarnya.

Menurut Deddy, intervensi pemerintah untuk perputaran ekonomi sangat diharapkan, misalnya ada kegiatan-kegiatan di hotel, resto dan tukarmenukar kunjungan kerja dengan daerah lain yang zona hijau. “Sosialisasi protap Covid-19 terus dilakukan menyambut Normal Baru,” ujarnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI