Perilaku Erupsi 2021 Berbeda dengan Sebelumnya, Ini Penjelasan BPPTKG

YOGYA, KRJOGJA.com – Kubah lava baru Gunung Merapi telah terkonfirmasi muncul/terbentuk di pinggir/bibir lereng Lava 1997. Selain itu, tepat di tengah kawah Merapi juga muncul gundukan material baru. Namun saat ini yang berkembang/tumbuh lebih cepat adalah kubah lava baru yang berada di Lava 1997.

”Di tengah kawah memang ada gundukan material baru, tapi untuk memastikan apakah gundukan itu berkembang atau tidak, hal itu masih perlu pengamatan lebih lanjut,”terang Kepala Balai Penyelidikan dan Pengem-bangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Dr Hanik Humaida dalam Siaran Informasi BPPTKG ‘Aktivitas Merapi Terkini’, Sabtu (9/1).

Disinggung mengenai kemungkinan muncul dua kubah lava baru, Hanikm menjelaskanbahwa dalam sejarah erupsi Gunung Merapi belum pernah terjadi hal tersebut (muncul dua kubah lava baru sekaligus dalam satu periode erupsi). Dan jika dicermati, rekahan-rekahannya (cracking) mulai dari tengah kawah sampai ke Lava 1997, me- nurut Hanik, itu masih satu-kesatuan.

”Rekahan-rekahan itu menandakan titik lemah area kawah yang bisa dijebol oleh magma untuk kelu-lar permukaan. Sehingga pemahamannya bukan muncul satu kemudian jadi dua kubah lava baru, tapi ini masih satu-kesatuan,namun memang yang sekarang berkembang lebih cepat adalah yang ada di sisi pinggir lereng Lava1997,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI