Peringatan Hari HAM, Ratusan Orang Melukis Bersama di Malioboro

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan pelukis dari berbagai Kota di Indonesia melukis bersama di kawasan Malioboro sejak pukul 08.00 12.00 WIB pada media sketchbook ukuran 14 x 14 cm. Selain untuk nyengkuyung (merangkul), acara diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Selasa Wagen dan peringatan Hari HAM Internasional.

 

Seniman Godod Sutejo selaku ketua penyelenggara mengatakan, acara ini bukan hanya untuk memeriahkan peringatan Selasa Wagen, tapi juga untuk mendukung pameran tunggal Hendro Purwoko yang dibuka Selasa malam, (10/12) di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY).

"Bentuk keakraban Hendro Purwoko dengan teman pelukis lainnya. Selain itu sebagai syukuran karena beliau pensiun dari Institut Seni Indonesia pada 1 Oktober 2019 kemarin dan kesembuhan beliau dari sakit stroke," ungkapnya.

Setidaknya 42 karya sketsa yang dibuat Hendro Purwoko sejak tahun 2009 hingga 2015 akan dipamerkan dalam Pameran Tunggal bertajuk “Sambang Sambung Malioboro” di BBY.

"Karena seluruh karya sketsa dan lukisan cat air milik Hendro Purwoko merupakan sketsa yang dibuat di kawasan Malioboro. Harapannya semua sketsa ini nanti "nyengkuyung" dengan tema yang sama," paparnya.

100 pelukis berasal dari berbagai peserta lintas disiplin ilmu, arsitek, desainer interior, komunitas pelukis cat air, Sanggar Bambu, Sanggar Sejati, dan kelompok seniman lainnya. (C-4)

 

 

BERITA REKOMENDASI