Peringatan Harteknas Rangsang Masyarakat DIY Berinovasi Iptek Tepat Guna

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Masyarakat DIY baik umum maupun pelajar hingga mahasiswa memiliki kreatifitas yang tidak kalah unggul dengan daerah lainnya.  Namun kreatifitas yang dimiliki tersebut belum sampai pada pemaanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) tepat guna, masih terbatas pada teknologi multimedia seperti animasi dan games.

"Kreatifitas masyarakat DIY tidak kalah dengan yang lain, hanya perlu didorong lebih kreatif lagi dalam melakukan terobosan iptek tepat guna dan aplikatif bagi masyarakat. Selama ini iptek yang dikembangkan masih pada animasi dan game," kata Wakil Gubernur (Wagub) DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X usai memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2016 di Bangsal Kepatihan, Rabu (20/7).

Paku Alam X menyampaikan kurangnya pengembangan atau hambatan iptek tepat guna ini ditenggarai karena keterbatasan dana dan lain sebagainya. Untuk itu, melalui momentum Harteknas ini ingin lebih memacu motivasi dan mewadahi generasi muda dalam membangkitkan kreatifitas iptek tepat guna

"Inovasi dan kreatifitas iptek tepat guna dan aplikatif ini lebih dapat dirasakan manfaatnya bagi kesejahteran masyarakat DIY maupun bangsa," tandasnya.

Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) DIY, Bayudono menuturkan sebetulnya Harteknas ini untuk melihat sejauhmana perkembangan teknologi yang ada di berbagai daerah. Di DIY sendiri, Harteknas didahului dengan lomba inovasi di bidang iptek yang diikuti masyarakat umum baik pelajar SMA maupun perguruan tinggi dan kelompok masyarakat untuk merangsang masyarakat sebagai inovator. (R-4)

BERITA REKOMENDASI