Peringatan Jumenengan Dalem, Kraton Yogyakarta Gelar Pameran Busana Sultan

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – 7 Maret 2020 sesuai kalender Masehi, Kraton Yogyakarta memperingati Jumenengan Dalem atau peringatan naik tahta ke-31, Sri Sultan HB X. Berbagai agenda dilakukan mulai upacara adat hingga berbagai acara lain untuk menyemarakkan peringatan tersebut.

Salah satu yang menarik yakni pameran satu bulan penuh di Pagelaran Kraton Yogyakarta. Tema menarik diusung yakni Busana dan Peradaban di Kraton Yogyakarta dengan tajuk pameran “Abalakuswa”.

GKR Hayu, Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Yogyakarta mengungkap selama satu bulan mulai 7 Maret hingga 5 April 2020, berbagai busana Kraton dari waktu ke waktu akan dipamerkan pada masyarakat dan wisatawan. Pakaian kebesaran yang dikenakan Sri Sultan HB X saat menjalani Jumenengan Dalem pada 7 Maret 1989 lalu.

“Akan ditampilkan busana kebesaran Ngarsa Dalem yang dikenakan saat Jumenengan Dalem lalu ada juga pakaian untuk menemui tamu kenegaraan, ada juga pakaian ageman di masa dahulu. Ini menarik karena pakaian merupakan simbol dari pekerjaan, karena dulu kan Kraton itu negara ya,” ungkap Hayu dalam konferensi pers, Sabtu (15/2/2020).

Pagelaran Kraton Yogyakarta akan semakin meriah dengan adanya gelaran Wayang Wong Golek Menak Lakon Jayengrana Jumeneng Nata dari KHP Kridhomardowo Kraton Yogyakarta. Bakal diadakan pula pertunjukkan seni adiluhung seperti Beksan Trunajaya Rabu (25/3/2020) serta Wayang Wong Purwo Sabtu (4/4/2020).

“Selain itu akan diadakan pula Simposium Internasional di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo pada 9-10 Maret 2020 nanti. Akan banyak hal menarik dibahas dalam simposium dan kami berharap teman-teman muda yang ingin lebih jauh melakukan penelitian tentang Kraton bisa hadir mengikuti simposium ini,” imbuh Hayu. (Fxh)

 

BERITA TERKAIT