Peringatan Mulia Arwah Orang Beriman, Gereja Terapkan Prokes

YOGYA, KRJOGJA.com – Peringatan Mulia Arwah Orang Beriman melalui doa khusus bagi keluarga, saudara dan handai taulan yang telah berpulang kerahimanNya digelar Gereja Katolik, Senin (2/11) Misa dengan prokes Covid-19 dan terbatas pada umat yang mendapatkan undangan, mendaftar sesuai kuota.

“Mendoakan arwah orang beriman siapapun itu tidak hanya Katolik tapi juga mereka yang menebar kebaikan seperti pahlawan, atau arwah yang terabaikam termasuk bayi-bayi aborsi,” ucap Rm Yohanes Dwi Harsanto Pr yang memimpin misa di Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bercela, Kumetiran Yogya, Senin (2/11).

Rm Dwi menyebutkan dengan mendoakan arwah juga mengingatkan kita akan kematian itu sendiri. “Meneladani orang beriman yang semasa hidup menjalankan ajaran Tuhan dengan baik,” ujarnya mengapresiasi umat Gereja Kumetiran yang 97 persen dari undangan bisa hadir.

Usai misa Rm Dwi memberikan berkat pada bunga-bunga dari umat Katolik di lingkungan Gereja Kumetiran, yang esoknya akan ditaburkan di makam-makam sanak saudara umat. “Prokes harus tetap dilaksanakan dengan baik sampai ke pemakaman,” tegas Rm Dwi.

Sementara Sekretaris Satgas Covid -19 Gereja Kumetiran A Joko Tirtono menyebutkan umat sudah terbiasa dengan Prokes Covid-19. “Pembelajaran di bulan Juli-Agustus dengan Misa Habitus Baru, dari daya tampung 900-an umat, maksimal hanya 1/3 yang diperkenankan ikut misa sesuai syarat. Sehingga umat lingkungan wilayah Kumetiran bergantian sesuai jadwal dan kuota. Setiap yang mengikuti misa mengisi data yang kita simpan sampai 30 hari. Bila ada kejadian bisa dilakukan tracing (penelusuran),” terang Joko. (R-4)

BERITA REKOMENDASI