Peringati Hari Pahlawan, Siswa SMPN 2 Yogya Ziarah ke TMP Kusumanegara

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Tak kurang 250 siswa kelas VII dan guru SMP Negeri 2 Yogyakarta melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegera Yogyakarta, Selasa (9/11/2021). Menurut Kepala SMPN 2 Yogya Widayat Umar SPd MPdSi, kegiatan ziarah ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

“Selain memperingati Hari Pahlawan, kegiatan ziarah ini juga kita manfaatkan untuk meletakkan nilai-nilai karakter yang baik kepada siswa baru. Seperti kedisiplinan, kerja sama, kerja keras, semangat belajar. Nilai-nilai karakter tersebut sudah dicontohkan oleh para pahlawan kita,” terang Umar kepada KRJOGJA.com usai kegiatan.

Dijelaskan Umar, kegiatan ziarah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ke TMP, diadakan apel sederhana di kompleks TMP. Selanjutnya masing-masing anak bersimpuh di pusara pahlawan yang ada di TMP, melakukan tabur bunga, merenungi jasa-jasa para pahlawan dan mendoakan arwah para pahlawan, sehingga tumbuh rasa cinta tanah air dalam diri anak.

“Setelah terbentuk karakter yang baik dalam diri anak, harapan kami, selama mengarungi pembelajaran di SMPN 2 Yogya didasarkan pada karakter yang baik tadi dan meninggalkan hal-hal yang negatif. Sehingga event ziarah ke TMP ini menjadi penting sekali untuk meletakkan karakter ke siswa baru,” katanya.

Lebih lanjut Umar menuturkan, SMPN 2 Yogyakarta telah menetapkan diri sebagai ‘School of Leadership. Oleh karena itu, pihak sekolah terus membekali siswanya karakter pemimpin, yang bertanggung jawab, kerja keras, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik. “Ziarah ke TMP ini baru pertama kali kita adakan dan akan kita jadikan tradisi baru di sekolah,” pungkasnya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI