Peringati HUT RI, Sultan Ajak Warga Kreatif Bersaing di Era Digital

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memimipin upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di halaman Gedung Agung, Senin (17/8/2020). Upacara begitu khidmat karena hanya dihadiri sedikit undangan termasuk 4 pasukan pengibar bendera yang jauh lebih sedikit daripada tahun-tahun sebelumnya.

Tamu undangan upacara hanya terdiri dari Gubernur DIY sebagai pemimpin upacara, Wakil Gubernur Paku Alam X, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji serta Forkopimda. Pasukan pengibar bendera pun kali ini hanya 4 orang, 3 pengibar dan 1 pembawa baki bendera Sangsaka Merah Putih.

Dalam sambutan yang dibacakan secara langsung, Sultan mengingatkan masyarakat untuk bekerja keras menghadapi persaingan global dengan negara-negara lain. Era digital menurut Sultan membuat berbagai lini kehidupan berubah yang itu membutuhkan kreativitas manusia untuk ikut menyelaraskan diri namun tanpa terhanyut begitu saja.

“Di era digital ini, yang diminta adalah etos kerja kreatif-inovatif didukung oleh disiplin, selain keuletan bekerja dan belajar serta berbagi agar bisa berperan dalam kemajuan dunia. Adalah juga, saatnya membangun generasi baru yang mampu menapaki tegalan berbatu dan mendaki bukit keberhasilan Indonesia setaraf negara-negara maju. Kita harus menumbuhkan kultur keunggulan, dimulai dari arena pendidikan. Kultur yang digerakkan oleh visi akbar yang sanggup meminta pengorbanan dari segenap warga. Dipandu oleh strategi cerdas, agar sumberdaya yang terbatas pun bisa cukup. Dimotori oleh inovasi kreatif, dikawal oleh sikap antisipatif-responsif, dan didukung oleh karakter ketekunan. Ini adalah representasi Pancasila, sekaligus simbolisasi Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan dan persatuan-kesatuan,” ungkap Sultan.

BERITA REKOMENDASI