Peringati Kemerdekaan dengan Tatto

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Gerombolan Tukang Tattoo Yogyakarta (Gento) kembali menggelar event charity bertajuk Tattoo Merdeka #3 tahun 2016 ini. Pada 17 Agustus nanti, Jogja National Museum (JNM) akan menjadi saksi berkumpulnya seniman tattoo dari seantero negeri untuk terlibat dalam acara yang kali ini mengusung tema Negeri Warna-Warni.

Benedictus Arioma, Ketua Tattoo Merdeka #3 dalam jumpa pers di kawasan Keparakan, Senin (15/08/2016) mengatakan, pilihan tema Negeri Warna Warni diambil lantaran kali ini akan berkumpul 62 seniman tatto dari berbagai daerah di Indonesia yang tentu saja membawa kebudayaan berbeda. Kebudayaan yang beragam inilah yang kemudian menegaskan warna-warni Indonesia yang sangat kaya.

"Ada 62 seniman tatto yang akan datang dan ikut perang tatto selama lima jam. Mereka akan membuat tatto sesuai kebudayaan mereka dan ciri khas masing-masing, ada yang dari Bali, Bandung, Jakarta bahkan Larantuka yang tentu saja punya ciri khas kebudayaan sendiri," ungkapnya.

Gento sendiri sengaja mengundang dewan juri bukan seniman sembarangan. Ada lima juri yang sudah sangat profesional di bidang tatto yakni Oni Killcat (praktisi profesional tindik Yogya), Freddy Imok (seniman senior tatto Semarang), Handy (seniman senior tatto Muntilan), Naomi (seniman senior tatto Jakarta) dan Icha Cyberbog selaku Ketua Indonesia Sub Culture, Jakarta.

Hal lain yang cukup menarik di acara Tattoo Merdeka #3 ini akan diadakan pula charity untuk penderita kanker. "Siapa saja yang ingin tatto kami minta dana Rp 250 ribu yang semuanya tanpa sisa kita berikan ke yayasan kanker," imbuh Herjun Sasmita, Koordinator Divisi publikasi.

Peta besar yang ingin disampaikan melalui event Tattoo Merdeka ini adalah bahwa pemilik tatto bukan berarti identik hal buruk. "Siapapun bisa punya tatto dan kami tunjukkan lewat karya dan keseharian, inilah poin pentingnya, bahwa kami juga Indonesia dan kami juga berkarya," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI