Perkakas Tembaga Bertahan Ditengah Kemajuan Zaman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pesatnya kemajuan zaman tak lantas membuat masyarakat dengan mudah begitu saja mengikuti perkembangannya. Tak sedikit masyarakat yang masih bertahan dan tetap mempercayakan produk-produk ‘lawas’ walau terkesan jadul. Salah satunya dalam hal keperluan perkakas rumah tangga.

Sebenarnya saat ini bisa ditemui berbagai keperluan dapur modern terjual di pasaran, mulai dari penanak nasi otomatis, panci elektrik hingga pemanas air yang tinggal colok saja. Namun barang-barang tersebut tak semuanya bisa mendapat hati di tengah masyarakat yang memang lebih nyaman menggunakan produk-produk zaman dahulu ketimbang memilih perkakas praktis.

Salah satunya yakni alat-alat masak yang terbuat dari tembaga. Bahkan hingga kini barang-barang tersebut masih bisa dapat ditemui dijual di pasar-pasar tradisional, salah satunya di Pasar Beringharjo Yogyakarta.

Wahyu, salah seorang penjual perkakas rumah tangga dari tembaga mengatakan barang-barang yang dijualnya itu tetap diminati masyarakat. Walau terkesan jadul namun tetap saja ada yang membeli barang-barang yang dipasarnya itu untuk berbagai keperluan.

“Tetap saja ada yang membeli. Walau tidak rutin tiap hari terjual, namun pasti ada yang membeli untuk keperluan rumah tangga maupun lainnya,” ungkap Wahyu di salah satu los Pasar Beringharjo kepada KRJOGJA.com, Senin (18/02/2019).

Di tempat ini Wahyu menjual berbagai perabot keperluan dapur seperti dandang, panci, centong dan perkakas lainnya. Selain itu ia juga menyediakan berbagai barang dari tembaga untuk keperluan aksesoris klasik, seperti seperangkat gelas, sendok dan garpu hingga teko.

Seperti diungkapkan Wahyu, pembeli mengaku memilih produk tembaga karena jenis logam ini bagus untuk menghantarkan panas serta awet. Selain itu menurutnya produk tembaga juga aman bagi kesehatan dibandingkan dengan bahan plastik maupun besi.

"Tembaga itu kalau dipakai untuk masak akan menghantarkan panas dengan bagus. Selain itu dengan tembaga ini panas akan bertahan lama dan yang dimasak di dalamnya tetap segar,” ujarnya.

Wahyu mengatakan untuk harga produk perkakas rumah tangga yang dijualnya memang sedikit mahal. Hal itu karena seluruh bahan terbuat dari lempeng tembaga asli dengan kualitas bagus.

Untuk dandang misalnya dijual dari harga Rp 550.000 – Rp 2.000.000 tergantung ukuran, sedangkan centong mulai dari Rp 275.000 – Rp 375.000 rupiah. Sementara itu untuk bahan tembaga guna kepentingan aksesoris akan dibanderol kisaran Rp 200.000 hingga Rp 500.000. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI