Perkuat Disiplin Protokol Kesehatan Melalui Gerakan 5M

YOGYA, KRJOGJA.com – Euforia vaksinasi Covid-19 tetap tidak boleh mengabaikan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dulu 3M menjadi 5M. Adapun Gerakan 5M tersebut yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Sehingga masyarakat sangat diharapkan tidak lalai melakukan protokol kesehatan 5 M sebagai kunci sukses mengakhiri pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie menegaskan pihaknya senantiasa mengingatkan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 5 M yaitu 3 M ditambah 2 M berupa menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas orang. Gerakan 2 M yaitu menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas orang inilah yang diwujudkan dalam kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY.

“Kami berharap meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, disiplin terhadap protokol kesehatan tetap harus kita lakukan. Disiplin dalam memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas tetap harus digiatkan,” kata Pembajun di Yogyakarta, Minggu (24/1).

Pembajun menyampaikan apabila protokol kesehatan 3 M ditambah PTKM ini bisa dilaksanakan dan dipatuhi sebaik-baiknya maka setidaknya bisa membantu menekan penularan kasus Covid-19 di DIY. Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X supaya agar masyarakat dengan modal sosialnya mulai mengaktifkan portal-portal akses satu pintu guna membantu pembatasan mobilitas warga di areanya masing-masing.

BERITA REKOMENDASI