Perkuat Sinergi Riset dengan Multi Stakeholder, 30 Produk LRI UMY Ditampilkan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJogja.com – Sebanyak 30 (tiga puluh) produk unggulan riset dan inovasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dihasilkan dalam waktu 3 (tiga) tahun ini ditampilkan dalam Research and Innovation Networking Expo: Government, Business, Academics and Industrial Meeting yang digelar Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMY secara daring, Rabu (11/8) pagi.

“Posisi riset 30 unggulan tersebut siap untuk menuju prototype dan Kerjasama produksi dengan sector industri,” jelas Kepala LRI UMY Dr Dyah Mutiarin MSi dalam zoom meeting yang diikuti lebih dari 120 peserta dari kalangan stakeholders riset dan inovasi UMY, Instansi/Dinas dari Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah, Industri sedang hingga besar se-Jawa, dan Perguruan Tinggi, serta perwakilan kelompok masyarakat.

Dyah menegaskan event ini sebagai upaya mensinergikan riset dan inovasi UMY kepada Calon Pengguna, Investor (pemodal) dan Pemerintahan. “Memetakan potensi dan kebutuhan riset dan inovasi dari stakeholders, serta untuk memetakan potensi kemitraan riset dan inovasi sesuai dengan permintaan stakeholders,” jelasnya.

Sebelumnya Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM yang membuka acara secara simbolia menyebutkan riset di Indonesia masih menghadapi kendala rendahnya kontribusi iptek di sektor produksi, minimnya kandungan teknologi dalam barang ekspor..

“Ekspor produk manufaktur masih didominasi produk dengan kandungan teknologi rendah, sedangkan ekspor manufaktur intensitas teknologi. Juga masih rendahnya penciptaan teknologi yang diukur dari perolehan hak paten dan royalti atas karya dan penemuan teknologi, serta difusi inovasi teknologi mutakhir,” ucap Rektor.

UMY

BERITA REKOMENDASI