Permintaan Hewan Kurban Diperkirakan Naik 10 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menggiatkan pemeriksaan hewan kurban baik di peternak maupun penampungan H-7 Idul Adha 2019. Selain memastikan kesehatan dan keamanan hewan kurban, juga memastikan stok hewan kurban aman untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sasongko mengatakan, mendekati Idul Adha akan melakukan pembekalan untuk pemeriksaan hewan kurban pada 4 Agustus 2019, dilanjutkan pemeriksaan langsung di lapangan. "Kami sudah berkoordinasi dengan kabupaten/kota dibantu dengan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dan Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Pemeriksaan ini terutama ditekankan pada kesehatan maupun syarat-syarat hewan kurban baik sapi, kambing maupun domba," ujarnya.

Sasongko menjelaskan, kebutuhan hewan kurban, khususnya sapi tahun ini diprediksi mengalami peningkatan dibandingkan Idul Adha tahun lalu. Namun peningkatan hewan kurban tersebut tidak terlalu banyak di kisaran 5 hingga 10 persen.

"Paling banyak permintaan hewan kurban di DIY adalah sapi karena banyak masyarakat yang beralih hewan kurban yang semula dari kambing menjadi sapi," katanya.

Total stok populasi sapi yang ada DIY sebanyak 360.000 ekor, sedangkan kebutuhan sapi untuk kurban hanya sekitar 20.000 ekor sehingga pasokannya cukup banyak. Sementara kebutuhan kambing mencapai 30.000 ekor dan domba juga sekitar 30.000 ekor. (Ira)

BERITA REKOMENDASI