Permohonan KTP Elektronik Bisa Langsung Dicetak

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) dinilai mampu mendorong tingkat kesadaran masyarakat terhadap administrasi kependudukan. Mulai saat ini setiap permohonan KTP elektronik akan langsung bisa dipenuhi. Penerbitan surat keterangan sebagai ganti bukti perekaman juga sudah tidak lagi dilakukan.

“Mulai Senin (24/02/2020) setiap permohonan KTP elektronik bisa langsung dicetak. Kami juga sudah tidak menerbitkan surat keterangan lagi,” tandas Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya Bram Prasetyo.

Menurut Bram, ketersediaan blangko KTP elektronik sudah memadai. Pemerintah pusat sudah berkomitmen akan memenuhi setiap permintaan dari daerah sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga :

Mengejutkan! Pelatih PSS Eduardo Perez Moran Mendadak Mundur
Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Resmi Ditahan

Penduduk Kota Yogya yang masih memegang surat keterangan juga bisa menukarkan dengan KTPelektronik di kecamatan setempat. Begitu juga bagi penduduk yang KTPnya rusak atau ada penggantian data maupun hilang.

Bram menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penelusuran mendalam terhadap 2.000 jiwa penduduk Kota Yogya yang belum melakukan perekaman data. Saat program GISA digulirkan di Balaikota selama dua hari pada 20- 21 Februari 2020, tidak banyak warga yang melakukan perekaman.

“Data warga yang belum merekam itu akan kami kroscek hingga di wilayah. Termasuk mencari nomor kontaknya agar kami bisa mengirimkan pesan imbauan untuk segera merekam,” tambahnya.

Diakuinya, program GISAmendapat sambutan antusias dari warga. Sebanyak 2.000 keping blangko KTP elektronik yang disediakan oleh Pemda DIY juga berhasil digunakan seluruhnya. Bagi KTP elektronik yang belum bisa diambil saat pelaksanaan GISA, pemilik bisa datang ke Kantor Dindukcapil Kota Yogya pada Senin (24/02/2020) dengan menunjukkan kartu keluarga.

Hampir semua pencetakan KTP elektronik selama program GISA, imbuh Bram, ialah untuk penggantian surat keterangan. Satu kartu membutuhkan waktu sekitar tujuh menit agar bisa dicetak.

“Sebenarnya untuk mencetak cukup dua menit. Tapi sebelumnya kan data yang ada dalam chip harus dikunci dulu. Proses penguncian data itu yang membutuhkan waktu agak lama. Tujuan penguncian data untuk keamanan. Jika KTP nya hilang dan ditemukan orang lain, tidak akan bisa dipalsukan,” urainya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI