Perpusnas Dukung Peningkatan SDM AAU

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI sebagai lembaga negara yang membidangi perpustakaan dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, berkomitmen dalam mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan dan berkarakter. Hal tersebut searah dengan salah satu dari tujuh agenda pembangunan yang menjadi prioritas nasional yaitu meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing yang menjadi kebijakan Presiden Joko Widodo.

“Misinya adalah kita sebagai warga negara dan terutama bagian dari penyelenggara negara untuk menjalankan RPJMN, bahwa Presiden Joko Widodo fokus terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dalam penandatanganan kerja sama antara Perpusnas dan Akademi Angkatan Udara (AAU) di komplek AAU, Yogyakarta pada Selasa (16/11/2021).

Syarif berharap, melalui pendidikan khususnya di AAU, para karbol (sebutan untuk taruna AU) dapat memahami makna literasi yang dijabarkan dalam lima tingkatan. Pertama, pemahaman baca, tulis, hitung, sains. Kedua yaitu akses bacaan yang terkini, akurat, dan terlengkap. Ketiga memahami yang tersirat dan tersurat. Keempat yaitu memiliki mental yang kuat, inovasi, kreatif terhadap perkembangan teknologi. Kelima yaitu memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi barang dan jasa.

Para karbol yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedirgantaraan, diminta agar memiliki cara pandang tidak hanya dalam batas teritorial Indonesia. Para karbol harus terus belajar dengan militer negara lain yang memiliki teknologi canggih. “Saya melihat dalam konteks ilmu pertahanan terdapat konstelasi kepentingan antarbangsa yang berubah sangat cepat, dengan demikian kita harus menguasai teknologi,” terangnya.

Perpusnas mendukung AAU dalam upaya peningkatan kualitas hasil didik dan memenuhi kebutuhan organisasi angkatan udara. Hal ini dilakukan dengan menyediakan informasi dan ilmu pengetahuan melalui ragam koleksi yang dimiliki Perpusnas.

Syarif berharap para taruna, dosen, dan tenaga di AAU dapat menjadi anggota layanan Perpusnas. Dengan menjadi anggota, mereka dapat berselancar melalui aplikasi yang sudah di Perpusnas, yakni Indonesia OneSearch, jurnal elektronik e-Resources, perpustakaan digital iPusnas, koleksi kuno Nusantara (Khastara), dan fitur Tanya Pustakawan.

Sementara itu, Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Nanang Santoso menjelaskan, menjelaskan dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dibutuhkan proses. Diharapkan, tercapai peningkatan kualitas sumber daya manusia di AAU.

“Smart library yang dimiliki oleh AAU sangat membutuhkan mentoring atau dukungan dari Perpustakaan Nasional. Atas dasar perjanjian kerja sama yang kita laksanakan, mudah-mudahan membawa berkah dan manfaat untuk pencapaian kualitas sumber daya manusia TNI Angkatan Udara, hasil didik Akademi Angkatan Udara di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga ditampilkan inovasi aero gesture yaitu game edukatif sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat untuk mengenalkan sebagian sejarah pesawat terbang TNI AU dan kedirgantaraan. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI