Persiapan Malam Natal, Tim Gegana ‘Jinakkan’ Gereja di Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Polda DIY Minggu (24/12/2017) melakukan sterilisasi gereja-gereja di wilayah DIY. Polisi ingin memastikan tidak ada benda berbahaya dalam masa perayaan Natal bagi umat Kristiani di seluruh wilayah DIY yang dimulai sore hari nanti. 

Salah satu gereja yang mendapat perhatian yakni St Antonius Padua Kotabaru yang memang menjadi titik utama umat Katolik Yogyakarta beribadah malam natal. Petugas pun melakukan penyisiran di tempat-tempat yang bepotensi dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggungjawab untuk menebar teror. 

Peralatan lengkap digunakan untuk menyisir setiap sudut gereja seperti metal detector dan mirror reflection. Tak hanya itu saja, polisi juga melakukan pengecekan keamanan pos yang memang diletakkan di setiap gereja untuk mengamankan ibadah Natal. 

Di Kota Yogyakarta, polisi memberikan perhatian di beberapa gereja diantaranya Kotabaru, Jetis, Kemetiran, Pugeran dan Kidul Loji. Kepala Kesatuan Binmas Polda DIY Kompol Asep Suherman kepada wartawan beberapa tahun lalu mengungkap pengamanan dan sterilisasi tersebut merupakan upaya pencegahan tindak terorisme saat perayaan Natal. 

“Polisi tidak ingin kecolongan ada aksi teror di masa perayaan Natal dan Tahun Baru. Kami tempatkan petugas dan pos pengamanan di tiap gereja, bekerjasama dengan TNI serta elemen masyarakat lainnya. Kami berharap perayaan Natal di Yogyakarta bisa berjalan dengan aman dan nyaman,” ungkapnya ketika berbincang di DPRD DIY beberapa waktu lalu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI