Persikindo Wadahi Perempuan Kreatif

Editor: Ivan Aditya

PERKUMPULAN Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) merupakan salah satu organisasi para perempuan yang energik dan kreatif yang didirikan secara sah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dasar kesamaan tujuan, aspirasi dan kegiatannya bersifat daerah, nasional, dan internasional yang disahkan oleh Menteri Hukum  dan Hak asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 27 Desember 2021,  berdasarkan Akta pendirian pada 3 Desember 2021.

Persikindo bersifat mandiri, bukan organisasi Pemerintah, bukan organisasi politik dan merupakan organisasi profesi yang bersifat saling menguntungkan untuk kesejahteraan dan Kreativitas anggota dalam mendukung program pemerintah melaksanakan Kesejahteraan dan kreativitas rakyat Indonesia. Lebih khusus lagi Persikindo berusaha untuk mengangkat potensi ekonomi masyarakat yang stratanya menengah ke bawah agar bisa berkwmbang.

Untuk mencapai tujuan itu, Persikindo DIY membentuk kepengurusan demi egektivitas dan efisiensi organisasi Adapun kepengurusan Persikindo, meliputi Penginisiasi/Penasihat dan Pengurus Pusat: Hj Titik Prasetya Verdi SH MH, Ketua Umum DPP: Hj Rini Sujiyanti SE MM, dan Ketua DPD Persikindo DIY: Ir Mursupriyani (Yani Ambar Polah).

Ketua DPD Persikindo DIY Ir Mursupriyani yang akrab dipanggil Yani, Kamis (07/07/2022) mengungkapkan tujuan pendirian Persikindo di antaranya untuk menghimpun perempuan kreatif Indonesia terdiri dari industri kreatif, UKM, UMKM, dan pengusaha kreatif yang bergerak di bidang bisnis dalam suatu wadah organisasi Persikindo.

Selain itu, Persikindo juga membina, mengembangkan dan mendorong kerja sama usaha antaranggota, dengan lembaga bisnis kreatif lainnya baik Swasta, Koperasi maupun pemerintah dalam kedudukan sebagai pelaku usaha ekonomi nasional dan industri kreatif agar lebih sehat dan lebih kuat.

“Kami turut mengusahakan dan mengembangkan terciptanya iklim kerja, usaha, dan kreativitas yang lebih baik bagi anggotanya sehingga memungkinkan anggotanya untuk ikut serta secara luas dalam pembangunan nasional sebagai salah satu pendukung perekonomian bangsa. Dengan demikian, nantinya Persikindo mampu meningkatkan dan memelihara citra perempuan kreatif dan tangguh yang sesuai dengan kepribadian dan budaya Bangsa Indonesia,” ungkap Yani.

Persikindo memiliki visi menjadikan sebagai Organisasi Perempuan berbadan hukum baik UKM, UMKM, dan pengusaha industri keatif baik yang bergerak di bidang retail maupun wisata. Dengan usaha yang  dilakukan para Wirausaha di tingkat nasional maupun internasional, yang menjadi salah satu pondasi kekuatan perekonomian untuk mencapai kesejahteraan rakyat sesuai dengan asas Pancasila dan berlandaskan konsitusi UUD 1945.

Adapun misi Persikindo antara lain memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan di dalam UKM dan  UMKM melalui peningkatan kemampuan anggota untuk mengelola usaha anggota, mendapatkan akses terhadap teknologi baru, baik pemasaran maupun pembiayaan untuk peningkatan usaha para anggota. Persikindo juga memberikan advokasi, pelatihan, manajemen sumber daya manusia (SDM) dan  jaringan kerja dan usaha untuk meningkatkan usaha dan kerja anggota.

“Persikindo bekerja sama dengan instansi terkait baik pemerintah maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mendapatkan peluang bisnis serta pengembangan kreatif sehingga dapat memfasilitasi anggota-anggotanya dalam mengerjakan peluang tersebut sesuai bidangnya. Dengan demikian, Persikindo turut meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi anggota-anggotanya, sekaligus sebagai promosi pemasaran lewat pameran maupun market plate,” jelas Yani.

Kepengurusan inti DPD Persikindo DIY, Dewan Pembina: GKR Hemas, GKR Mangkubumi, dan Hj Rini Sujiyanti SE MM, Dewan Penasihat: GKBRAy A Paku Alam, Ketua: Ir Mursupriyani (Yani Ambar), Wakil Ketua: Dr dr Punik Mumpuni dan Tutik Purwati SH, Sekretaris: Anindya Septiasti Tejowari SH, Wakil Sekretaris: Wirta Patria Rifai, Divisi UKM/UMKM: Erira Maharani Putri, Riana A Dewim dan Susi Susmiyatun SPd, Bendahara: Ida Fitri Nahdiati SE, dan Wakil Bendahara: Wening Puspita Sari. (Haryadi)

BERITA REKOMENDASI