Persoalan Sampah Merupakan Masalah Kebangsaan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Persoalan sampah tidak bisa dipandang enteng. Sebab, urusan sampah merupakan masalah kebangsaan yang sangat mendalam. Terlebih, Indonesia sebagai negara yang besar memiliki potensi permasalahan sampah yang tidak bisa disepelekan.

“Bukan hanya persoalan sampah di darat, tapi juga di laut. Apalagi jika dikaitkan dengan keberadaan pantai Indonesia yang terpanjang kedua di dunia. Tidak sedikit fauna laut yang jika dibedah ditemukan banyak sampah. Hal itu butuh perhatian serius,” jelas anggota Komisi III DPR RI Dapil DIY Drs HM Idham Samawi.

Permasalahan sampah di wilayah perairan Indonesia lanjut Idham berpotensi merusak sumber daya alam (SDA) fosil yang menjadi bahan baku minyak bumi. Padahal, fosil tersebut merupakan SDA yang tidak terbarukan dan rentan habis.

Baca juga :

Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot
Nglipar, Ngawen dan Gedangsari Prioritas Pembangunan Infrastruktur

“Saya bangga ternyata generasi muda memiliki pemikiran mengangkat isu soal sampah ini. Hal itu merupakan salah satu implementasi perintah cita-cita Indonesia Merdeka dalam bidang kesehatan melindungi segenap tumpah darah Indonesia,” katanya.

Jika anak muda memiliki pemikiran maju, Idham menyebut bukan tidak mungkin dalam kurun beberapa waktu ke depan Indonesia akan mampu mewarnai peradaban dunia seperti era kejayaan Majapahit maupun Sriwijaya.

Sementara itu Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Prof Noorhaidi Hasan MA PhD menjelaskan persoalan sampah merupakan isu publik dan strategis na-mun memiliki dampak luas.

“Belum lagi sampah bisa merusak ekosistem karena ada sebagian yang tidak bisa terurai oleh mikroba. Kajian ilmiah akademis ini penting untuk memberikan pandangan yang diperlukan di tengah masyarakat,” katanya. (Feb)

BERITA TERKAIT