Pertama di DIY, KATY 93 Gelar Jogja Colour Walk dan Jogja Menari

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) angkatan 1993 menggelar agenda berbeda dalam reuni perak tahun 2018 ini. Minggu 23 Desember 2018 KATY 93 bakal melaksanakan dua event yakni Jogja Colour Walk dan Jogja Menari melibatkan lebih dari 17 ribu orang. 

Ketua I Penyelenggara Acara KATY 1993 F Heru Krisna mengungkap acara tersebut baru kali ini dilaksanakan di wilayah DIY. Hingga saat ini tercatat sudah 12 ribu lebih peserta mendaftar untuk kategori Colour Run dan 4.400 untuk kategori Jogja Menari. 

“Hingga hari ini sudah 12 ribu peserta mendaftar dan terus bergerak hingga H-1 karena kami masih buka pendaftaran. Acara ini adalah persembahan untuk masyarakat luas dengan tema Dari Yogyakarta untuk Dunia karena kami bersyukur tumbuh di Yogya yang berbhinneka dan berbudaya,” ungkapnya dalam temu pers di Jogja Gallery Jumat (21/12/2018) siang. 

Minggu 23 Desember nanti, penyelenggaraan Jogja Colour Walk akan dimulai dari SMAN 1 Teladan hingga finish di Alun-Alun Utara. Panitia mempersiapkan lima gerbang di mana peserta akan ditaburi dengan lima warna yang menjadi cerminan keberagaman dan Pancasila. 

“Ada lima warna yang akan ditaburkan pada peserta yang itu semua menyiratkan kebhinekaan dan Pancasila juga. Jadi intinya jalan ada unsur sehat dan kegembiraan tapi juga membawa misi untuk merawat budaya luhur Indonesia,” tandasnya. 

Sementara koordinator penjurian Jogja Menari, Renny Kusumowardhani menambahkan di event hari Minggu nanti bakal ada satu atraksi menari bersama atau akrab disebut Flashmob yang dilakukan 5000 lebih peserta. Kegiatan yang juga baru kali pertama ini dilakukan diharapkan menjadi awal mula gelora pelestarian budaya yang tetap dibalut nuansa modern. 

“Baru kali pertama ini 5000 orang flashmob dengan metode belajar mandiri melalui Youtube. Tari yang dikoreokan nanti adalah Jaranan yang terinspirasi dari Angguk Kulonprogo,” terangnya. 

Bentuk keseriusan Jogja Menari sendiri terlihat dengan pembuatan koreografi menggandeng seniman tari yang juga koreografer Kinanti Sekar Rahina. Penyelenggara berharap acara tersebut bisa dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk penghargaan budaya bangsa. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI