Pertamina Jamin dan Kontrol Keamanan Stok Bahan Bakar

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan dan keamanan stok bahan bakar baik elpiji maupun bahan bakar minyak (BBM) hingga Avtur selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di DIY. Selain menyediakan stok bahan bakar selama kebijakan PPKM, pihaknya tetap melakukan monitoring maupun pengontrolan untuk memastikan masyarakat atau konsumen tidak kekurangan atau kesulitan bahan bakar.

Area Manager Communication, Relations & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menyampaikan pihaknya memiliki sistem monitoring ketersediaan bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terhubung dengan sistem di Terminal BBM Pertamina. Pihaknya pun melakukan pengawasan ketersediaan elpiji seperti BBM.

“Jadi kami menyediakan stok BBM dan elpiji bagi kebutuhan masyarakat, khususnya elpiji yang sangat dibutuhkan konsumen rumah tangga maupun rumah makan atau restoran dan sebagainya. Intinya, kami menjamin ketersediaan stok bahan bakar bagi konsumen. Posisi Pertamina, dalam hal ini mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam rangka menanggulangi pandemi Covid-19,” paparnya di Yogyakarta, Senin (13/9).

Brasto mengatakan tingkat konsumsi BBM dengan adanya PPKM tersebut dalam posisi menurun seiring dengan kebijakan pembatasan mobilitas pemerintah.Meskipun mengalami tekanan, tetapi pihaknya seoptimal mungkin kebutuhan bahan bakar masyarakat tersebut secara berkesinambungan. Selain itu, Pertamina juga memastikan ketersediaan Avtur untuk pengisian bahan bakar pesawat udara di DIY baik di Bandara Internasional Adisutjipto maupun Bandara Internasional Yogyakarta (BIY). Selain itu, Pertamina memiliki berbagai program perlindungan dukung pelaksanaan protokol kesehatan dengan meminimalisir kontak konsumen di SPBU atau saat mengisi bahan bakar.

“Petugas SPBU harus menggunakan alat pelindung diri, seperti masker. Konsumen diminta menggunakan aplikasi My Pertamina agar bisa membayar secara non tunai bagi pembelian produk-produk SPBU khususnya BBM Non Subsidi jenis Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex tanpa perlu menggunakan uang tunai,” terangnya.

Pihaknya menyediakan produk maupun elpiji non subsidi maupun pelumas yang dijual dengan model pengantara langsung ke rumah dengan menghubungi call center Pertamina 135 maupun aplikasi My Pertamina. Pertamina tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait keamanan membeli bahan bakar di SPBU menggunakan My Pertamina.

“My Pertamina ini juga bisa digunakan di berbagai merchant lainnya seperti rumah makan dan sebagainya bekerjasama dengan Link Aja. Masih ada promo potongan Rp 300 per liter jika membeli bahan bakar menggunakan aplikasi tersebut,” pungkas Brasto. (Ira)

 

 

BERITA REKOMENDASI