Pertanggungjawaban APBD Jamin Akuntabilitas Daerah

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya membuktikan janjinya untuk dapat menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021 lebih awal dari tahun sebelumnya. LKPD sebagai bentuk pertanggungjawaban APBD itu pun akan menjamin akuntabilitas penggunaan anggaran yang dilakukan daerah.

Walikota Yogya Haryadi Suyuti, menegaskan sejak awal pihaknya berkomitmen agar LKPD mampu diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan DIY tidak lebih dari sebulan usai tutup buku. “Tahun lalu LKPD kami serahkan pada 15 Januari, dan tahun ini bisa lebih awal menjadi 10 Januari. Tentu ini prestasi bagi jajaran Pemkot Yogya,” tegasnya usai menyerahkan LKPD TA 2021 ke BPK RI Perwakilan DIY, Senin (10/1/2022).

Meski LKPD diserahkan lebih awal atau cepat namun hal tersebut bukan bentuk ketergesa-gesaan. Hal ini karena penyusunan LKPD harus memenuhi kaidah yang tidak mudah. Sehingga jajaran di internal Pemkot Yogya harus mengedepankan aspek kehati-hatian serta bekerja keras semua dapat diselesaikan sesuai kaidah dan targetnya tercapai.

Haryadi menjelaskan, dengan lebih awalnya penyampaian LKPD maka BPK RI bisa segera menindaklanjutinya dengan melakukan pemeriksaan. Dengan begitu akan memudahkan proses publikasi dan pembangunan selanjutnya. “Dengan penyelesaian LKPD yang lebih cepat, tentu juga akan segera diperiksa BPK sehingga catatan laporan keuangan bisa lebih baik,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI