Pertanian Perkotaan Harus Sinergikan Pariwisata

YOGYA, KRJOGJA.com – Kendati Kota Yogya tidak memiliki lahan pertanian yang cukup luas namun sektor tersebut memiliki peluang di masa pandemi. Terutama jika pertanian perkotaan disinergikan dengan pariwisata. Sehingga bukan mengedepankan aspek kuantitas melainkan kualitas.

Anggota Fraksi Partai NasDem DPRD Kota Yogya Oleg Yohan, mengungkapkan pada masa pandemi ini pertanian menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar. “Di samping bisa mendukung rasa gotong royong di antara pelaku pertanian perkotaan, hasilnya juga bisa dimanfaatkan untuk membantu warga yang tengah menjalani isolasi mandiri,” tandasnya.

Wakil Ketua Komisi B ini menilai, pertanian Kota Yogya memiliki spesifikasi khusus. Ketahanan pangan tidak bisa dengan mengejar produksi besar karena lahan yang terbatas. Sehingga arah kebijakannya lebih pada untuk menjamin ketersediaan pangan dengan melibatkan beberapa OPD terkait. Terutama yang tugas dan fungsinya dalam hal ketersediaan dan distribusi pangan serta keamanan mutu pangan.

“Kota ini kan pusat perdagangan, pastilah ketersediaan pangan tergantung dari daerah penyangga di sekitar kota,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI