Perubahan Jam Pembatasan Kendaraan Bangkitkan Perekonomian Malioboro

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY dalam kebijakan pedestrian Malioboro akhirnya menetapkan kawasan tersebut bebas kendaraan bermotor dari pukul 18.00 – 21.00 WIB. Keputusan ini disambut positif para pengusaha maupun pemilik toko kawasan Malioboro yang tergabung dalam Persatuan Pengusaha Malioboro A Yani Yogyakarta (PPMAY)

“Kebijakan ini memperhatikan dan menerima aspirasi dari PPMAY yang kita sampaikan saat Sowan Bareng di Kepatihan pekan lalu,” tutur Koordinator Lapangan PPMAY, Karyanto Yudomulyono, Selasa (17/11/2020).

Dengan keputusan tersebut, lanjut Karyanto pengusaha bisa bernapas lega karena omzet telah membaik seiring dengan dibukanya akses yang sempat ditutup selama sehari penuh saat uji coba. “Saat Uji Coba penutupan sehari penuh, kita, 220 anggota PPMAY benar-benar terpuruk, hanya mampu meraup omzet 20 persen (turun 80 persen) bahkan ada yang nol persen,” ucap Karyanto.

Karyanto menyebutkan rata-rata omzet anggota PPMAY saat ini telah naik kembali bervariasi meski belum pulih sepenuhnya. “Malioboro sebagai pusat bisnis menghidupi puluhan ribu orang, pelaku bisnis, karyawan, PKL dan keluarga. PPMAY sebagai ikon resmI Malioboro siap berkerja sama dengan Pemda DIY dan Pemkot Yogya demi kemajuan Yogya,” ujarnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI