Perubahan Ujicoba Pedestrian Malioboro Bingungkan Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Penerapan perubahan waktu ujicoba pedestrian Malioboro kembali bias. Setelah Rabu, (11/11/2020) pemerintah daerah menyatakan waktu ujicoba bergeser mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB, Kamis (12/11/2020) stakeholder pemerintah kota Yogyakarta menyatakan belum akan menerapkan perubahan waktu ujicoba tersebut.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti mengatakan pemda sudah bersiap melaksanakan perubahan waktu pelaksanaan ujicoba pedestrian Malioboro. Kendaraan bermotor mulai tak boleh melintas Malioboro pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB, berbeda dari sebelumnya pukul 06.00 hingga 24.00 WIB.

“Besok (Kamis hari ini) ada penyesuaian jam, insyaallah. Sudah ada keputusan sekarang, kami sudah lapor dan sudah oke. Sore hari hingga malam akan jadi pedestrian. Tepatnya jam 5 sore hingga 10 malam. Kita desain seperti itu, sambil berjalan harapannya bisa lebih smooth,” ungkap Made Rabu (11/11/2020).

Namun, pernyataan berbeda diutarakan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat ditemui wartawan di Kepatihan, Kamis (12/11/2020). Menurut Haryadi, ujicoba akan tetap berjalan sesuai program awal dua minggu hingga usai 15 November mendatang.

“Kita selesaikan dulu ujicobanya, jadi justru ujicoba ini menguji dan mencoba. Jadi tidak mungkin saat ujicoba itu ngene-ngene-ngene. Setelah itu baru kita evaluasi. Jelas belum hari ini, (untuk waktunya) ya itulah judulnya ujicoba. Selama ujicoba kan boleh saja waktunya berubah. Tapi itu bukan kebijakan. Kalau sudah Senin (16/11/2020) baru, kita rilis bareng-bareng. Untuk pergeseran waktu buka dan tutup jam berapa kita masih kaji. Senin nantinya kita baru rilis. Untuk jamnya bergeser, tunggu Senin. Rasah digawe bingung. Kita masih cari waktu ya pas jam berapa kira-kira, Senin baru kita rilis,” ungkap Haryadi didampingi Kapolresta Yogyakarta, Kombes Polisi Purwadi Wahyu Anggoro.

BERITA REKOMENDASI