Pesan Andong Kini Bisa Pakai Aplikasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi meluncurkan trobosan transportasi lokal ikonik GrabAndong. Peluncuran tersebut merupakan kelanjutan dari kemitraan dalam mendukung ‘Wonderful Indonesia’ untuk meningkatan kualitas moda transportasi lokal ikonik yang dapat memberikan pengalaman baru dan unik serta menjadi daya tarik wisatawan.

"Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya. ‘Wonderful Indonesia’ telah menjadi inisiatif berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam acara peluncuran GrabAndong di Munumen Serangan Oemoem 1 Maret, Jumat (23/08/2019) malam.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menambahkan, Yogyakarta tidak cuma menawarkan keindahan dari lokasi-lokasinya. Di daerah ini ada beberapa keunikan moda transportasi sehingga membuat wisatawan semakin berkesan.

"Tidak bisa dipungkiri teknologi telah merubah dunia. Andong sebagai salah satu transportasi utama yang memikat wisatawan saat di Yogyakarta, sehingga mereka yang datang memiliki kenangan tersendiri saat ke Yogyakarta misalnya dengan keliling menggunakan GrabAndong sudah digital pemesanannya," ungkap Sultan.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan peluncuran GrabAndong merupakan bentuk dukungan Grab untuk melestarikan ragam kekayaan tradisi dan juga budaya Yogyakarta kepada penduduk sekitar maupun wisatawan. Selain itu dengan solusi transportasi yang unik dan nyaman, masyarakat di sekitar destinasi wisata juga dapat memperoleh dampak ekonomi dari kunjungan wisatawan tersebut.

"Untuk fase GrabAndong pertama, hanya 26 andong yang terdaftar proyek awal. Kedepannya Grab akan menambah lebih banyak mitra pengemudi, yakni sekitar 200 mitra untuk GrabAndong dalam waktu enam bulan kedepan," jelasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI