Peserta Kemah Budaya Kunjungi Vredeburg

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Tak kurang 200 pelajar SMP dan SMA anggota Pramuka peserta Kemah Budaya mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Senin (24/7/2017). Mereka mempelajari tentang keberadaan, tugas dan fungsi museum serta koleksi yang disimpan museum.

Selain ke Benteng Vredeburg, para anggota Pramuka peserta kemah juga mengunjungi Gedung Agung (istana kepresidenan di Yogya), Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat serta Museum Sonobudoyo untuk mengetahui sejarah dan peninggalan purbakala yang ada di Yogyakarta. Dalam kunjungan dimasukkan materi berkaitan dengan pemeliharaan Benda Cagar Budaya (BCB) dan koleksi museum melalui praktik konservasi dan ekskavasi situs.

Ketua Panitia Drs Gunawan Haji mengatakan, museum mempunyai tugas pokok mengumpulkan, menyimpan, merawat, mengkaji, mengkomunikasikan benda-benda peninggalan sejarah. Selain itu menerbitkan hasil penelitian sejarah dan budaya yang bersifat terbuka itu kepada masyarakat. Sedangkan Gerakan Pramuka, mempunyai tugas mempersiapkan tunas bangsa menjadi generasi yang lebih baik dan bertanggungjawab dalam mengisi kemerdekaan.

"Tujuan kegiatan ini untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi museum, serta penanaman nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa untuk memperkokoh identitas dan jati diri bangsa," terang Gunawan disela kegiatan.

Setelah mengikuti kegiatan kunjungan ke museum, kata Gunawan, diharapkan tercipta hubungan harmonis antara generasi muda dengan museum. Dengan terbangunnya pemahaman mengenai peranan museum berikut materi sejarah, purbakala dan budaya, diharapkan tumbuh kesadaran akan pentingnya museum, sejarah dan budaya bagi sebuah bangsa. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI