Peserta Lelang Layangkan Sanggahan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – MTsN 9 Sleman tak lama lagi bakal memiliki gedung kelas baru. Proyek pembanguan dengan pagu anggaran Rp 6 miliar tersebut nantinya bakal dikerjakan oleh perusahaan rekanan pemenang lelang. Rencananya proyek pembangunan kelas baru ini akan dimulai pada bulan Juli mendatang.

Tahapan lelang paket tersebut kini memasuki masa sanggah, lantaran ada salah satu perusahaan peserta lelang yang mengajukan. PT Joglo Multi Ayu melayangkan sanggahan setelah ditetapkannya pemenang lelang paket pekerjaan pembangunan.

Direktut PT Joglo Multi Ayu, Tri Herka Cahya mengatakan alasan dilakukannya sanggah karena pihaknya dinyatakan ‘kalah’ karena tidak melampirkan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Tenaga Listrik Gedung dan Pabrik atau EL010 Kualisfikasi Usaha Non Kecil.

“Berdasarkan dengan bukti-bukti data kami yang kami upload dalam tender SBU Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Tenaga Listrik Gedung dan Pabrik atau EL010 Kualisfikasi Usaha Non Kecil dengan cara melakukan kerjasama operasi atau KSO sesuai persyaratan regulasi yang berlaku, peserta yang melakukan KSO maka jumlah anggota KSO dapat dilakukan dengan batasan paling banyak tiga perusahaan dalam satu kerjasama operasi,” jelasnya, Kamis (24/06/20221).

Bukan hanya itu, pihaknya telah melampirkan teknis syarat yang lain, diantaranya Surat Perjanjian KSO antara PT Joglo Multi Ayu atau BG 007 dan PT Lestari Asi Sejahtera (EL010) dan mendesak agar ada evaluasi ulang terhadap dokumen penawaran dan merubah pemenang lelang berdasarkan Perpres No 54 Tahun 2010 yang menjelaskan bahwa batas rahasia dokumen lelang sampai dengan pengumuman lelang serta Pasal 2 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kesalahan penawaran perusahaan kami sifatnya tidak substansi, karena kesalahan atau penyimpangan itu tidak akan mempengaruhi lingkup, kualitas dan kinerja pekerjaan,” jelasnya.

Paket proyek tersebut merupakan salah satu bagian dari program pembangunan yang diluncurkan oleh Kementerian Agama RI. Berjalanya proses lelang Kelompok Kerja Pemilihan telah menetapkan pemenang dan saat ini memasuki masa sanggah. (Van)

BERITA REKOMENDASI