Peserta Mudik Gratis Nataru 2019 Disambut di Terminal Giwangan

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Jasa Raharja (Persero) dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan mengadakan program Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Yogyakarta menjadi salah satu dari lima kota tujuan program mudik gratis tersebut di wilayah Jawa.

Peserta mudik gratis dari Jakarta diangkut menggunakan 4 bus eksekutif dan tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019) malam, disambut jajaran PT Jasa Raharja (Persero) Cabang DI Yogyakarta. Setelah itu ada gelombang kedua mudik dari Pulau Bali yang diberangkatkan pada Senin (23/12/2019) dan tiba di Yogyakarta, Selasa (24/12/2019).
Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang DI Yogyakarta, Akhdiyat Setya Purnama mengatakan, tujuan penyelenggaraan mudik gratis ini antara lain untuk mengalihkan pemudik pengguna sepeda motor ke moda transportasi bus, sehingga meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

"Kegiatan ini merupakan tahun kedua yang digelar PT Jasa Raharja (Persero) dan Kemenhub untuk membantu kelancaran para pemudik. Mereka menggunakan moda transportasi bus yang aman dan nyaman," kata Akhdiyat disela menyambut para pemudik di Terminal Giwangan Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019) malam.

Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta, Afrianti menambahkan, selain mengadakan mudik gratis, PT Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta juga menyelenggarakan pengobatan gratis dan tes urin di Terminal Giwangan selama 10 hari berturut-turut. Selain itu membuat spanduk peringatan atau himbauan di 40 titik di wilayah DIY untuk pencegahan kecelakaan selama libur Nataru.

Salah satu peserta mudik gratis, Dwi Nuryati, warga Pindul Wonosari Gunungkidul mengaku senang bisa ikut program mudik gratis, dengan alasan bisa memangkas ongkos hingga 50 persen. Dwi mudik bersama kedua anaknya. "Ini pertama kali ikut program mudik gratis. Daftarnya lewat online, busnya juga nyaman. Pulangnya gratis nanti baliknya bayar sendiri," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI