Petani Dituntut Miliki Keterampilan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kegagalan panen saat musim kemarau masih menjadi persoalan yang sering dihadapi oleh para petani. Selain karena keterbatasan air, pemahaman petani tentang pengelolaan tanaman masih perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi hal itu, sejumlah upaya sudah dilakukan pemerintah, salah satunya dengan memberikan bantuan benih padi gaga untuk ditanam di lahan yang ketersediaan airnya sedikit.

“Memang, pemberian bantuan benih bisa menjadi salah satu solusi. Kendati demikian dalam pelaksanaannya belum bisa dikatakan maksimal, untuk itu petani perlu dibekali keterampilan di luar pertanian. Misalnya kerajinan, pengolahan hasil pertanian seperti pembuatan criping maupun olahan makanan yang lain,” kata pengamat pertanian dari Akademi Pariwisata (Apta) Yogyakarta, Supriyati MP.

Baca juga :

Jangan Percaya Isu, Petani Diminta Tanam Padi Tunggu Hujan
Kemarau Panjang, Untungkan Petani Tembakau

Supriyati mengungkapkan, biasanya suatu lahan pertanian dikatakan mengalami puso berat, apabila pengairannya 100 % bergantung pada curah hujan. Sehingga pada wilayah tersebut apabila diberi bantuan benih untuk masa yang akan datang (saat turun hujan).

Sehingga bisa mengurangi biaya produksi petani, karena sudah di subsidi benih. Sedangkan untuk lahan pertanian yang masih dekat dengan sumber air dibuatkan teknologi yang efektif dan efisien.

“Supaya areal yang masih bisa terairi lebih luas saya kira perlu ada bantuan pompa atau pompanisasi. Setelah itu area yang akan ditanam dihitung secara cermat kebutuhannya, menyesuaikan iklim. Tentunya dengan menggunakan varietas yang tahan kekeringan,” terangnya.

Lebih lanjut Supriyati menambahkan, supaya kegagalan yang dialami petani, bisa diminimalisir. Sejak awal tanam pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian membina petani lewat pola tanamnya. Karena pola tanam yang cocok dengan iklim memudahkan prediksi atau tata kelola tanaman. Jadi tidak semua lahan digunakan untuk menanam satu jenis tanaman saja, supaya harganya tidak jatuh saat musim panen. (Ria)

BERITA REKOMENDASI