Petugas Jogoboro Malioboro Ubah Penampilan, Tak Lagi Garang Tapi Beri Kenyamanan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah sempat viral beberapa oknum melakukan ‘catcalling’ pada wisatawan perempuan, para petugas Jogoboro kini mulai berbenah lebih baik. Mulai Sabtu (13/2/2021) hari ini, para petugas wajib menyapa wisatawan yang melewati zona pengecekan suhu dengan sapaan Bahasa Jawa.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto mengatakan sejak Sabtu hari ini Jogoboro mulai berbenah. Khusus akhir pekan yakni Sabtu-Minggu shit pertama dan kedua pukul 08.00 dan 16.00 WIB para petugas akan mengenakan pakaian seragam Surjan.

“Kami ingin tunjukkan pada pengunjung bahwa Jogoboro adalah petugas multifungsi yakni sebagai keamanan, ketertiban dan kenyamanan Malioboro. Jadi kami tidak ingin terkesan garang namun humanis, ramah dan mengedepankan budaya adiluhung sebagai warisan leluhur kita,” ungkap Ekwanto ketika dihubungi KRjogja.com.

Tak hanya itu, setiap hari para petugas juga diwajibkan menyapa wisatawan di Malioboro dengan Bahasa Jawa. Sapaan tersebut dilakukan saat ada wisatawan yang melewati gate zona.

“Jadi kalau pagi ya Sugeng Enjang, kalau sore ya Sugeng Sonten begitu dengan ramah, nanti kalau ada wisatawan asing juga diikuti Good Morning begitu. Ini wajib dilakukan setiap saat petugas berjaga,” sambung Ekwanto.

BERITA REKOMENDASI