Petugas Temukan Cacing Hati di Masjid Gede Kauman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Sejumlah cacing hari ditemukan di salah satu sapi kurban yang disembelih di Masjid Gede Kauman, Senin (12/09/2016). Petugas yang mengetahui temaun tersebut langsung membuang dan menimbunnya agar tak menimbulkan penyakit.

“Pemeriksaan meliputi jantung, paru-paru, hati, organ pencernaan dan daging. Jika ada cacing tersebut di salah satu organ, organ harus dimusnahkan dan tidak dapat dikonsumsi," ujar petugas Pemeriksa Hewan Kurban, Oktafani Nurbaiti.

Diungkapkannya, hati yang terjangkiti cacing akan terlihat berlubang kecil. Saat diperiksa lebil lanjut akan ditemukan cacing hidup di dalam organ hati sapi tersebut.

Oktafani menambahkan, penyakit cacing hati hanya menyerang organ tertentu. Artinya organ lain yang tidak terserang cacing hati tetap dapat dikonsumsi, dengan syarat harus dimasak dengan air sampai mendidih.

Sementara itu Ketua Panitia Penyembelihan Kurban Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Ridwan Wicaksono membenarkan adanya temuan penyakit hati sapi dalam dalah satu hewan kurban yang disembelih. Setelah dinyatakan mengandung penyakit, organ hati tersebut langsung dibuang dan tidak dibagikan kepada warga. (MG-04)

BERITA REKOMENDASI