Pimpinan DPRD DIY Ditetapkan, Dewan Sepakat Potong Jumlah Kunker

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD DIY resmi menetapkan empat pimpinan 2019-2024 melalui Rapat Paripurna Selasa (17/9/2019). Menariknya, pimpinan dewan langsung menekan kunjungan kerja (kunker) hingga 50 persen dibandingkan periode 2014-2019. 

Nuryadi yang sebelumnya menjabat sebagai ketua sementara ditetapkan sebagai ketua lantaran partai pengusungnya, PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak 17 dari total 55. Wakil I ditetapkan Huda Tri Yudiana dari PKS, Wakil II Suharwanta dari PAN dan Wakil III Anton Prabu Semendawai dari Partai Gerindra. 

Nuryadi mengatakan di periode ini seluruh anggota dewan sepakat menekan jumlah kunjungan kerja hingga 50 persen. Gantinya, mereka akan banyak melakukan komunikasi masyarakat termasuk penjaringan aspirasi di tingkat bawah. 

“Kita sepakat akan kurangi (kunker). Kalau kemarin misalnya 20 kali ya besok 10 kali saja. Sisanya kita pakai bertemu masyarakat dan melakukan rapat kerja. Agar lebih maksimal kinerja kita,” ungkap Nuryadi usai penetapan. 

Wakil Ketua I DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyampaikan periode ini dewan akan lebih fokus pada penanganan permasalahan di DIY mulai kemiskinan, kesenjangan sosial hingga lapangan pekerjaan dan peningkatan perekonomian. Dikuranginya kunker menurut Huda akan berdampak pada penghematan anggaran dewan yang bisa dimanfaatkan untuk sektor lainnya. 

“Periode ini kami ingin meningkatkan kualitas karena dengan berkurangnya kunker akan banyak yang bisa dilakukan untuk masyarakat. Kami juga punya wacana menambah hari kerja sampai Sabtu agar lebih maksimal lagi karena selama ini dewan tidak kenal hari kerja. Mudah-mudahan bisa lebih baik,” ungkap Huda. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI