PKL Malioboro Ronda Kebersihan Besok

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Para pedagang kaki lima (PKL) Malioboro sepakat melakukan ‘ronda’ kebersihan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru, pada 24 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Kegiatan dilakukan sebagai upaya menghadapi melonjaknya sampah selama musim liburan.

Presidium Paguyuban PKL Kawasan Malioboro, Sujarwo Putra, mengatakan bahwa ronda kebersihan sampah untuk mendukung sekaligus memperkuat program angkutan sampah Pemerintah Kota Yogyakarta khusus mengatasi melonjaknya sampah selama liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Setiap liburan Natal dan Tahun Baru dipastikan volume sampah di Malioboro melonjak. Untuk mengatasi kebersihannya tidak cukup dari petugas Pemkot Yogya, oleh karenanya PKL ikut turun tangan dengan membuat ronda kebersihan,” ujar Sujarwo.

Dijelaskan ada sejumlah event yang juga berpengaruh pada melonjaknya volume sampah. Hal ini mengakibatkan banyaknya keluhan berkaitan masalah sampah yang berserakan pada saat Pedagang Kaki Lima libur dan banyaknya event menarik yang berlangsung pada Selasa Wage.

“Kami punya slogan Jaka Lisa yaitu Jaga Kebersihan dan Lihat Sampah Ambil. Di samping itu seperti biasa, PKK melakukan bersihbersih di pagi hari,” ujarnya.

Terkait libur Natal dan Tahun Baru, sekaligus menyambut tamu yang datang berkunjung ke Malioboro, komunitas bersepakat untuk menghias tempat jualan dengan rumbai-rumbai dan lampu. (Cdr)

BERITA REKOMENDASI