PKM UAD Ajari Penelitian PTK Guru MTs

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. Untuk meningkatkan profesionalisme para guru di MTs Yayasan Masyithoh dan Program studi (Prodi) Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan pengabdian masyarakat reguler dengan tema ‘Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Publikasi Ilmiah’.

“Pelatihan diselenggarakan secara daring dan luring yang dihadiri oleh 15 Guru dari berbagai mata pelajaran,” kata Dr Trianik Widyaningrum M.S MSi selaku Ketua Tim Pangabdian Masyarakat UAD, Selasa (29/06/2021). Tim Pengabdian masyarakat beranggotakan Indro Prastowo MBiotech dan dibantu oleh Adji Bagus Prayoga mahasiswa Pendidikan Biologi UAD. Pelatihan PTK dilaksanakan secara daring pada 9 Juni lalu.

Dalam forum tersebut Dr Trianik Widyaningrum MSi menyampaikan, langkah-langkah PTK dan dilanjutkan dengan klinik proposal PTK melalui WAG dan diteruskan pelatihan publikasi ilmiah secara luring oleh Indro Prastowo M.lBiotech, Sabtu (26/06/2021) lalu.

Kegiatan secara luring diawali dengan pembukaan, sambutan oleh Heni Ikawati SPd selaku Kepala MTs S Masyithoh yang menyampaikan pentingnya pelatihan PTK dan publikasi, karena para guru merasa kesulitan dalam melaksanakan PTK dan publikasi karya ilmiah. “Padahal peran guru sebagai ilmuwan berkewajiban tidak hanya menyampaikan pengetahuan yang dimiliki kepada muridnya, tetapi juga berkewajiban mengembangkan pengetahuan itu dan terus menerus memupuk pengetahuan yang dimilikinya. Dengan kata lain, guru berkewajiban untuk membangun tradisi dan budaya ilmiah,” tandasnya.

Pada sesi penyampaian materi oleh Indro Prastowo MBiotech, para guru sangat antusias ketika disampaikan teknik dan strategi publikasi di koran, majalah dan juga di jurnal. Para guru mempunyai semangat yang tinggi untuk mempublikasikan penelitian PTK mereka. Pada akhir pelatihan dilanjutkan diskusi tentang rencana PTK dilaksanakan secara berkelompok berbasis mata pelajaran dengan didampingi Dr Trianik Widyaningrum MSi. (Jay)

 

 

UAD

BERITA REKOMENDASI