PKM UMY Gelar Pelatihan Pembuatan Variasi Nugget di Mantrijeron

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat bertema ‘Pembuatan Variasi Nugget Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi Covid-19’ di Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Dosen pembimbing lapangan, Dr. Triwara Buddhi Satyarini., M.P dari Prodi Agribisnis/ Pertanian mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan kepada anggota tentang diversifikasi olahan pangan yang sehat. ” Kegiatan ini juga memberikan ketrampilan membuat variasi nugget yang sehat untuk meningkatkan gizi keluarga sekaligus menciptakan peluang usaha rumahan untuk peningakatan ekonomi keluarga di masa pandemi covid 19,” katannya.

Ide kegiatan tercetus setelah diskusi bersama Ketua KWT Mina Julantoro, Ibu Sinta Dewi Srimurwani untuk persiapan kegiatan pengabdian. Selanjutnya program dilaksanakan diawali dengan penyuluhan tentang diversifikasi pangan olahan dan makanan sehat keluarga dan pelatihan pembuatan nugget ayam, nugget ikan, nugget tahu, nugget tempe, nugget sayur, nugget pisang dan sempol ayam.

Dr. Triwara Buddhi Satyarini., M.P mengaku peserta merasa sangat terbantu karena mendapatkan ilmu dan ketrampilan baru. Beberapa dari peserta juga menginginkan resep-resep masakan yang lain. Bahkan ada beberapa peserta yang langsung mempraktekkannya di rumah.

“Peserta sangat antusias dan berterima kasih dengan adanya pengabdian ini, serta menginginkan untuk diberi ketrampilan tentang resep-resep masakan yang lain,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI