PLN Respon Cepat Layani RS Lapangan Covid-19 Bantul

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga kestabilan pasokan listrik guna mendukung penanganan pandemi Covid-19 termasuk dukungan terhadap Rumah Sakit (RS) Lapangan khusus Covid-19 di Bantul yang dulu merupakan bangunan Puskesmas Bambanglipuro Bantul. Dalam percepatan kapasitas daya tampung pasien Covid-19 ini, PLN bergerak cepat dengan menyiapkan jaringan listrik untuk pasang baru dengan daya 66.000 VA.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta Ahmad Mustaqir mengatakan PLN siap mengupayakan keandalan jaringan dan pasokan listrik untuk melayani pelanggan. Termasuk memastikan keandalan pasokan listrik RS Rujukan Covid-19 maupun RS Lapangan Covid-19 yang ada di DIY. Dari sisi keandalan daya listrik, PLN memastikan pasokan di DIY dalam kondisi aman hingga saat ini, khususnya selama masa PPKM Level 4.

“Pasokan listrik di DIY masih sangat tercukupi. Daya dengan kapasitas Gardu Induk (GI) sebesar 1.050 MW dan beban beban puncak 550 MW, sehingga pembebanan masih 42,3 persen” ujarnya di Yogyakarta, Sabtu (7/8).

Ahmad menyatakan guna mendukung hal tersebut tersebut PLN telah menyiapkan 372 personil pelayanan keandalan dengan 39 unit mobil Pelayanan Keandalan dan 24 unit motor Pelayanan Gangguan, 7 personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dengan 1 mobil PDKB sentuh langsung dan 1 mobil PDKB Berjarak. Kemudian 7 tim vendor Preventif-Korektif dengan 7 unit crane yang siap 24 jam apabila terjadi hal yang perlu penanganan seperti gangguan atau kondisi darurat.

“PLN mengerahkan semua kemampuan, daya dan kekuatan guna memastikan keandalan listrik, terutama di tengah situasi Covid-19 yang mengalami lonjakan saat ini. Lebih utama lagi bagaimana kita memastikan pasokan listrik yang dibutuhkan masyarakat maupun RS bisa tersalurkan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI