PLN ULTG Yogyakarta Jaga Kehandalan Pasokan Kelistrikan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Yogyakarta berjibaku dalam pengamanan supply kelistrikan di DIY, salah satunya berhasil memulihkan jalur kelistrikan yang mensuplai DIY yang mengalami gangguan sehingga padam di beberapa titik. Jalur kelistrikan tersebut terganggu akibat plastik penutup palawija pertanian di SUTT Medari-Kentungan di Tempat Sleman dan SUTT Pedan-Kentungan 2 Polanharjo Klaten yang terbang terkena angin yang cukup besar pada Jumat (11/9).

Seorang Sakai mata warga Polanharjo Klaten Buwono menyampaikan di area tersebut memang sering muncul angin kencang terlebih di saat cuaca panas. Seperti plastik Mulya terbang terbawa angin kencang yang akhirnya mengenai kabel SUTET di tengah sawah lalu terdengar bunyi letusan seperti bunyi mercon belum lama ini.

“Kami sebenarnya sudah melakukan antisipasi potensi angin besar yang disampaikan BMKG Yogyakarta melalui media sosialnya ada kondisi sinoptik perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah dan DIY umumnya berawan pada hari itu. Angin umumnya bertiup dari Timur hingga Tenggara dengan Kecepatan angin 30 km per jam,” tutur Manajer PLN ULTG Yogyakarta Abdul Rahman di Yogyakarta, Senin (14/9).

Abdul Rahman menegaskan data tersebut, pihaknya telah melakukan sweeping, sosialisasi dan berpesan ke masyarakat, terutama sekitaran transmisi agar tidak memainkan layang layang serta memperkuat plastik penutup Palawija. Namun diluar kendali, angin bergerak sangat kencang disejumlah wilayah DIY sehingga hal yang ditakutkan terjadi, benda asing terbang terbawa angin dan menempel ke konduktor sehingga terjadi sort circuit.

PLN

BERITA REKOMENDASI