PLN UP3 Yogyakarta Pastikan Pasokan Listrik Tercukupi Selama Ramadan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta memastikan pasokan listrik tercukupi maupun kesiapsiagaan personel, kendaraan dan peralatan di memasuki bulan puasa 2021. Selain itu, PLN terus menghimbau masyarakat selalu berhati-hati terhadap bahaya listrik di tengah kondisi cuaca ekstrim yang rentan bahaya listrik baik disebabkan angin dan pohon tumbang.

Manager PLN UP3 Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho mengatakan pasokan listrik sebagai kebutuhan utama menjadi konsentrasi PLN sebagai penyedia jasa kelistrikan. Apalagi awal puasa ini di musim pancaroba dengan perubahan dari musim hujan ke musim kemarau masih banyak mengandung angin kencang yang menyertai hujan ditambah kondisi Siklon Seroja yang masih berada di atas perairan Indonesia harus menjadi tambahan kewaspadaan akan gangguan padam.

“Dengan kapasitas daya terpasang sebesar 867 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 444,63 MW, kami pastikan pasokan listrik di DIY selama ramadan sangat mencukupi karena persentase pembebanan masih 51,28 persen dari kapasitas. Upaya ini agar pelanggan dapat menikmati layanan listrik tanpa mengalami gangguan turun naik listrik, sehingga ibadah yang dijalankan pelanggan dapat berjalan dengan lancar, di rumah pribadi maupun rumah ibadah,” ujar Eric di kantornya, Selasa (13/4).

Eric menyampaikan meskipun di tengah kondisi pandemi Covid -19, PLN tetap berusaha memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan. Dengan kesiapan personil, kondisi peralatan kerja yang lengkap dan baik dan selalu bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dan Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini rentan bahaya listrik baik yang disebabkan angin dan pohon tumbang, sehingga apabila ada pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik, PLN minta agar masyarakat tidak menangani sendiri dan segera melaporkan kepada PLN. Jika aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya.

PLN

BERITA REKOMENDASI