PMI DIY Siapkan 25 Pos Pelayanan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) selama libur lebaran ini menyiapkan 25 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama & Ambulans dengan 26 ambulans dan 691 personel. 

“Kami siagakan personel PMI yang memiliki pengetahuan serta skill pertolongan pertama termasuk dokter dan paramedis. Seluruh personel akan bertugas mulai H-7 hingga H+7 di Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans PMI yang berlokasi di tempat-tempat keramaian, wisata, jalur-jalur masuk wilayah DIY, terminal, stasiun dan seluruh Markas PMI," kata Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskan Gusti Prabu, “Untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan PMI, personil PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti sepanjang pantai Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulon Progo, Kota serta saat Garebeg Sawal Kraton Yogyakarta”.

Di samping itu, pemudik yang memerlukan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan, dapat membuka dan mengunduh Aplikasi Pertolongan Pertama (first aid) di play store. Sementara untuk stok darah PMI DIY bisa diakses melalui ayodonor.pmi.or.id atau akun twitter @pmi_diy. 

Sementara itu, dr. Suryanto, Sp.PK Wakil Ketua Bidang Pelayanan Unit Donor Darah PMI DIY mengatakan selama libur Lebaran PMI juga tetap melayani pelayanan darah 24 jam untuk pengambilan darah dan pelayanan donor darah mulai pukul 08.00-20.00 WIB di 5 (lima) Unit Donor Darah wilayah DIY. “Pada pertengahan Ramadan ada beberapa Unit Donor Darah yang menipis ketersedian stok darahnya, hal ini perlu mendapat perhatian saat lebaran nanti”, kata dr Suryanto dalam rilisnya. 

“Permintaan pelayanan darah tetap namun biasanya pendonor darah menurun karena kesibukan perayaan Idul Fitri atau tidak memenuhi syarat donor darah atau faktor kelelahan dan sebagainya. Untuk itu kami tetap berharap dan mengimbau masyarakat, pendonor darah sukarela untuk menyempatkan donor darah di sela-sela liburannya, apalagi yang sudah mendapatkan “SMS Cinta” dari PMI sehingga masyarakat yang membutuhkan tetap dapat dilayani dengan baik”, ungkap dr. Suryanto.

Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat PMI DIY juga membentuk Posko-posko Bersama di beberapa titik strategis di DIY. “Kami telah menjalin kerja sama dengan Kepolisian Daerah DIY, Polres, Polsek, Kwarda DIY, Kwarcab, RAPI, ORARI, Basarnas, Poltekes Kemenkes, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta (BBTKLPP), Rumah Sakit, Puskesmas”, tutup Gusti Prabu. (*)

BERITA REKOMENDASI