‘Podcast’ Putri Kedhaton, Rembug Rasa Putri Ngarsa Dalem

Editor: Ivan Aditya

PODCAST (siaran berita berformat audio/video via internet) merebak di masa pandemi. Banyak kalangan berpodcast ria. Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, salah satunya.

Putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X – GKR Hemas ini bikin podcast bersama kakak-kakaknya di YouTube, dengan kanal Putri Kedhaton. Banyak hal yang diungkap di kanal Putri Kedhaton yang punya 3,45 ribu subscribers tersebut. Di antaranya Mengenal Kelima Putri Kedhaton, Menjadi Mantu Dalem, Warisan Budaya Dunia UNESCO, Refleksi Tahun 2020, Digitalisasi Keraton Yogyakarta.

Podcast yang sudah memasuki episode ke-21 tersebut merupakan rembug rasa para putri Dalem. “Kami membicarakan sesuatu yang tak bisa kami bicarakan di Keratonjogja.id. Ini ranah kami, tidak (ranah) kraton,” ujar Bendara di Sanggar Tari Natya Lakshita Yogyakarta.

Minggu lalu bersama kakaknya yaitu GKR Hayu, Bendara menjadi bintang tamu Podcast Eyang DNT. Syuting di sanggar milik Didik Nini Thowok, Jatimulyo Yogyakarta.

“Saya harap podcast Mas Didik ini bisa membawakan informasi yang banyak, dengan background yang bermacam dan berbeda. Bisa membawa nuansa variatif. Banyak info bisa disampaikan ke masyarakat. Tidak hanya dari satu sisi lembar budaya, juga berbagai sisi,” paparnya.

Podcast Putri Kedhaton di YouTube, diapresiasi masyarakat. Banyak yang senang, karena bisa mengerti keseharian putri keraton yang disampaikan sendiri oleh yang bersangkutan. Sehingga dijamin validitasnya.

Beda podcast lain di YouTube yang ada videonya, Putri Kedhaton hanya memajang foto saja. “Respons yang masuk, masyarakat meminta podcast kami ada videonya. Tapi Kakak-kakak saya tidak ada yang mau pakai video. Saya kalah awu. Satu banding empat. Belum ada rencana melihatkan wajah (video). Semoga tahun depan bisa,” beber Bendara.

Karena hanya ada suara, banyak yang kesulitan membedakan suara masing-masing. “Agak sulit dengarkan suara kami. Kebanyakan suara kami mirip,” tambah ibu dua anak: Raden Ajeng Nisaka Irdina Yudonegoro, dan Raden Mas Radityo Mandhala Yudo.

Di luar podcast, istri Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudonegoro ini juga mulai aktif melakukan live Instagram. Rabu (06/01/2021), Bendara menggelar diskusi daring parenting, bertema ‘Meningkatkan minat belajar anak saat school from home.’ Bendara memandu acara yang disiarkan lewat Instagram, salah satunya @gkrbendara. Hingga Jumat (22/01/2021) malam, tayangan berdurasi 53 menit itu sudah disaksikan 13.190 kali.

“Ibu harus banyak diskusi. Punya anak itu tak ada buku panduannya. Harus dengarkan dari kisah Ibu lain. Mungkin dari kisah Ibu lain akan ada trik menjaga supaya anak tak bosan,” ungkap Bendara yang dua hari kemudian, Jumat (08/01/2021), menggelar live Instagram: ‘Ngobrolin Financial UMKM Istimewa.’ (Latief Noor Rochmans)

BERITA REKOMENDASI