Polda DIY dan BBWS SO Dirikan Shelter Isolasi Mandiri

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso SH S IK dan Kepala Balai Besar Basar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Dwi Purwantoro ST MT menandatangani kerjasama dan meresmikan Shelter terpadu yang terletak di Jalan Ngeksigondo No 1-2 Prenggan Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta, Jumat (16/07/2021). Penandatanganan ini merupakan sinergi kerjasama antara Polda DIY melalui RS Bhayangkara dan Kementerian PUPR wilayah V untuk empowering pemberlakuan shelter isolasi mandiri (isoman) bagi anggota Polda DIY dan staf Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahkan dapat mengurangi risiko ketersediaan tempat tidur rumah sakit rujukan bagi anggota yang sakit. Shelter terpadu isoman Covid 19 ini merupakan shelter kedua yang dibentuk Polda DIY, sebelumnya Polda DIY juga memberdayakan Asrama Polairud Polda DIY sebagai shelter isoman bagi anggota Polri dan keluarganya yang sakit,” kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto SIK MSc.

Shelter terpadu ini menugaskan nakes sebanyak 15 personil yang terdiri dokter, perawat, apoteker dan tenaga lain, selain juga menyagakan ambulan dan swab bagi pasien. Yang masuk Shelter nantinya akan di assesment oleh RS Bhayangkara terlebih dulu, jika ringan maka bisa di shelter tetapi jika perlu penanganan lebih maka di rujuk ke rumah sakit.

Pada kesempatan itu wakapolda mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kerjasama dengan kementerian PURP. Ia berharap dengan adanya shelter ini maka pelayanan kesehatan terhadap anggota Polri dan karyawan kementrian PURP serta keluarganya terpenuhi.

Pada kesempatan yang sama Kepala BBWS SO menerangkan shelter terpadu memiliki kapasitas sebanyak 54 kamar dan 154 bed (tempat tidur). Tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan juga sudah terpenuhi dengan jadwal kegiatan yang tidak monoton.

“Semoga ini bisa melayani anggota Polri, Kementerian PUPR dan keluarganya. Ini merupakan Shelter pertama yang bekerjasama dengan Polda DIY hal ini dalam rangka penahanan Covid 19 di DIY,“ terang Dwi Purwantoro. (Van)

BERITA REKOMENDASI