Polda DIY Gelar Operasi Keselamatan Progo 2020

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Menghadapi masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 sekaligus dalam rangka cipta kondisi jelang hari raya Idul Fitri, Ditlantas Polda DIY menerjunkan sebanyak 1.106 personelnya dalam Operasi Keselamatan Progo. Operasi ini sedianya akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 6 April 2020 hingga tanggal 19 April 2020.

Ribuan personel tersebut anggota dari Polda dan Ditlantas sejumlah 307 personel, Satlantas Polresta Yogyakarta 185 personel, Satlantas Polres Sleman 180 personel. Sedangkan Satlantas Bantul 173 personel, Satlantas Kulonprogo 134 personel dan Satlantas Polres Gunungkidul 127 Personel.

Keseluruhan peraonel akan tergabung dalam 3 tiga Satuan Tugas (Satgas) meliput Satgas Preemtif, Satgas Preventif dan Satgas Bantuan. Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya yang juga selaku Kaopsda Operasi Keselamatan Progo 2020 mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk cipta kondisi menjelang Idul Fitri 2020 dan membentuk kesadaran kolektif masyarakat akan pentingnya disiplin social serta physical distancing melalui Satgas Preemtif.

“Dengan adanya Operasi Keselamatan Progo ini, Satgas Preemtif akan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas terkait wabah Virus Corona. Kita akan bersama-sama memutus rantai penyebaran virus dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman antar individu,” kata Made Agus, Minggu (05/04/2020).

Sedangkan Satgas Preventif nantinya akan melaksanakan patroli sesuai kerawanan wilayah untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan. Selain itu juga menciptakan Kamseltibcar lantas di seluruh wilayah Yogyakarta.

Lebih jauh, Perwira Menengah Alumni Akpol tahun 1998 ini menyebutkan pada Operasi Keselamatan Progo 2020 ini Polda DIY juga menugaskan Personelnya pada tim Satgas Bantuan yang terdiri dari personel Bid Dokkes, Bid Humas dan Bidang IT. Satgas ini bertugas memberikan bantuan dan kepedulian sosial kepada masyarakat dalam menghadapi masa pandemi wabah Corona.

“Tidak hanya sosialisasi dan patroli kewilayahan dalam menghadapi pandemi wabah virus Covid-19 ini, kami juga menyiapkan personel untuk sigap dalam memberikan bantuan, baik bantuan di jalan raya maupun bantuan kemanusiaan,” tandas. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI