Polresta Yogyakarta Cegah Covid-19 Melalui Operasi Zebra

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jajaran Polresta Yogyakarta mendukung program pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan menyisipkan kampanye penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kegiatan Operazi Zebra yang dilaksanakan Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polresta Yogyakarta sejak 26 Oktober hingga 8 November mendatang.

Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sartono menegaskan Covid-19 menjadi musuh bersama yang harus diperangi. Salah satu cara efektif yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan pencegahan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapken pemerintah melalui gugus tugas.

Penggunaan masker, rajin-rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau handsanitizer ditegaskan Sartono wajib dilakukan masyarakat. Tak terkecuali juga menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan tak beraktifitas keluar rumah jika tidak perlu.

“Kesadaran inilah yang harus terus kami ingatkan dan sampaikan kepada masyarakat. Perilaku menjaga kesehatan serta menerapkan protokol pencegahan Covid-19 saat masa pandemi ini juga bagian dari ketertiban di tengah masyarakat yang harus ditegakkan,” tegas Sartono di Mapolresta Yogyakarta, Rabu (04/11/2020).

Sartono menambahkan, seperti diamanatkan Kapolda DIY Asep Suhendar bahwa jajaran Kepolisian memiliki tanggungjawab untuk turut memberantas Covid-19. Salah satu implementasinya yaitu dengan tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk membiasakan diri dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru.

“Operasi Zebra tak hanya menertibkan para pengguna jalan saja, namun melalui kegiatan ini kami ingin terus mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. Kami melakukan dengan aksi simpatik, salah satunya membagikan masker secara gratis ataupun handsanitizer kepada masyarakat,” tegasnya.

Seruan dalam aksi tersebut dilaksanakan di beberapa titik keramaian Kota Yogyakarta, salah satunya di Terminal Giwangan. Di tempat ini para anggota membagikan masker kepada masyarakat yang dijumpai tak mengenakan penutup mulut dan hidung tersebut.

Kepolisian juga mengingatkan bagi pengelola terminal untuk membatasi jumlah pengunjung maupun menyediakan tempat untuk mencuci tangan. Kepada para awak bus, petugas meminta agar tak mengangkut penumpang yang tidak mengenakan masker serta membatasi kapasitas tempat duduk penumpang maksimal hanyak 50 persen saja.

“Kami berharap cara seperti ini evektif guna memberikan penyadaran di tengah masyarakat. Walau Operasi Zebra berakhir, kami sebagai anggota Kepolisian tetap akan mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat untuk bersama-sama memerangi Covid-19,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI