Polresta Yogyakarta Gencarkan Patroli Cegah Kerumunan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jajaran Polresta Yogyakarta menggencarkan patroli selama libur Lebaran ini. Selain bertujuan untuk menjaga keamanan wilayah maupun obyek-obyek vital dari potensi kerawanan, patroli juga dilakukan untuk menyampaikan pesen-pesan dialogis serta mengingatkan masyarakat guna senantiasa menjaga protokol kesehatan (prokes) dan menghindari kerumunan.

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Purwadi melalui Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharja mengatakan patrol wilayah memang menjadi agenda rutin petugas baik di tingkat polresta hingga polsek. Namun karena dalam masa liburan seperti ini intensitas patroli lebih ditingkatkan sebagai upaya menekan tingkat potensi kerawanan.

“Disamping menjaga keamanan jajaran Polri juga memiliki tanggungjawab guna menekan angka penyebaran Covid-19, salah satunya dengan upaya-upaya dialogis untuk selalu mengingatkan masyarakat mematuhi prokses serta memantau lokasi mana yang terdapat kerumunan. Bilamana terjadi ketidakdisiplinan masyarakat maka kami ingatkan, jika terjadi kerumunan maka segera kami tertibkan,” tegasnya di Maporesta Yogyakarta, Sabtu (15/05/2021).

Beberapa lokasi yang menjadi perhatian khusus jajaran Polresta Yogyakarta diantaranya kawasan Jalan Margoutomo, Malioboro, Pasar Beringharjo serta obyek-obyek wisata yang ada di kota ini. Imbauan untuk selalu mengenakan masker,mencuci tangan hingga menjaga jarak tak luput dari pesan-pesan dialogisa yang selalu diberikan para anggota.

Menurutnya untuk wilayah Kota Yogyakarta tingkat kepatuhan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan cukup tinggi. Terbukti wilayah ini tingkat angka penyebaran Covid-19 cukup rendah dibanding Kabupaten Sleman maupun Bantul.

“Kami selalu mengimbau kepada masyarakat dalam masa liburan di tengah pandemi seperti saat ini lebih baik tetap di rumah saja dan menghindari terjadinya kerumunan. Kesehatan harus menjadi prioritas utama, karena jika kita menjaga diri dari Covid-19 berarti juga melindungi orang-orang di sekitar,” jelasnya.

Ia menegaskan dengan kepedulian bersama ini maka wabah Corona dapat segera berakhir penyebarannya. Memberantas Covid-19 tak bisa hanya dilakukan pemerintah maupun aparat seja, melainkan juga membutuhkan kesadaran dan peranserta seluruh elemen masyarakat. (Van)

BERITA REKOMENDASI